LP
Leap by Telkom
•
25 May 2024 19.10 WIB
Marketplace Business to Business (B2B) adalah platform digital yang memungkinkan transaksi antara suatu bisnis dengan bisnis lainnya. Dalam marketplace ini, penjual dan pembeli sama-sama merupakan entitas bisnis, bukanlah konsumen individu.
Berbeda dengan Business to Consumer (B2C), marketplace B2B bertujuan memfasilitasi proses pembelian dan penjualan produk atau jasa dalam skala besar dan umumnya dalam kuantiti yang lebih banyak. Sebagai contoh, sebuah perusahaan manufaktur perlu membeli bahan baku dari pemasok melalui marketplace. Transaksi di marketplace B2B seringkali membentuk hubungan jangka panjang antara penjual dan pembeli. Biasanya, kontrak akan berlangsung dan berulang dan pembelian berkelanjutan adalah hal yang umum. Biasanya juga, harga produk atau jasa di marketplace B2B cenderung lebih bisa dinegosiasikan, mengingat skala dan kuantitasnya yang besar tadi. Ditambah, produk atau jasa yang ditawarkan juga memiliki spesifikasi teknis yang lebih detail untuk memastikan kebutuhan bisnis terpenuhi secara spesifik.
UMKM Berdaya Saing di Pasar Digital
Mungkin Anda pernah mendengar Pasar Digital atau lebih familiar dengan PaDi UMKM? Di sinilah tempat UMKM di seluruh Indonesia diberi ruang dan kesempatan untuk bersaing dalam pasar pengadaan BUMN bahkan sekarang termasuk swasta. PaDi UMKM dikembangkan Telkom sejak empat tahun silam sebagai upaya menembus kebuntuan akibat terbatasnya aktivitas jual beli selama pandemi Covid19.
Di marketplace B2B PaDi UMKM, UMKM diposisikan sebagai penjual yang menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh BUMN dan swasta. Di sinilah mereka memulai perjalanan bisnis dengan kesempatan menjangkau lebih banyak mitra potensial di dalam negeri untuk kemudian bisa bersaing di pasar global. Lewat platform pengadaan PaDi UMKM, UMKM dibiasakan melakukan aktivitas harian secara digital sehingga dapat mendukung digitalisasi proses pengadaan di Indonesia.
Dengan masuk pada pasar digital pengadaan BUMN dan swasta, tentu saja UMKM akan lebih meningkatkan kualitas produk serta layanan mereka dalam memenuhi standar yang lebih tinggi. Dengan digitalisasi proses pengadaan, akan menciptakan otomatisasi dan transparansi dalam proses pengadaan, yang pada gilirannya akan meningkatkan juga efisiensi operasional UMKM. Sekaligus juga mendukung BUMN dan swasta selaku pembeli dalam berinvestasi pada aspek Environmental, Social, dan Governance (ESG).
Hanya PaDi UMKM!
PaDi UMKM menyediakan katalog produk dan jasa dari UMKM, di mana UMKM-UMKM ini sudah melalui proses administrasi dan verifikasi terlebih dahulu. Keberadaan katalog produk ini memudahkan BUMN dan swasta dalam mencari dan memilih kebutuhan mereka. PaDi UMKM juga menyediakan fitur lelang terbuka yang memungkinkan UMKM bersaing secara adil dalam menawarkan produk dan jasa mereka. Ditambah, PaDi UMKM juga menunjang aspek pembiayaan dengan menggandeng bank dan lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pembiayaan bagi UMKM. Sebagaimana yang pernah tuliskan pada artikel sebelumnya mengenai fitur PaDi UMKM ini.
Tidak hanya itu, untuk merangkul lebih erat dan mendekatkan UMKM dengan BUMN dan swasta, secara reguler PaDi UMKM senantiasa mengadakan program pelatihan dan dukungan berkelanjutan seperti Business Matching. Ajang ini menjadi momentum silaturahmi dan belanja langsung antara BUMN dan swasta dengan para penjual/UMKM yang sudah bergabung di marketplace B2B PaDi UMKM.
Sampai dengan akhir tahun 2023, PaDi UMKM telah sukses mencatatkan 4,6 triliun GMV, dengan melibatkan 97 BUMN, 19 Pembeli non-BUMN, dan 78 ribu UMKM terdaftar. Pesatnya pertumbuhan PaDi UMKM diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Dan tentu saja menjadi upaya yang tak lelah dalam membuat UMKM naik kelas. Jika Anda adalah pelaku UMKM, jangan sia-siakan peluang bergabung di platform PaDI UMKM. Atau, sekiranya Anda terlibat dalam proses pengadaan di perusahaan tempat Anda bekerja, tidak ada salahnya Anda mencoba berbelanja kebutuhan operasional perusahaan di marketplace PaDi UMKM. Bersama, kita berkontribusi nyata menumbuhkan perekonomian dan kedaulatan digital Indonesia! (hzr)
Artikel Terkait
Empat Tahun Berlayar Bersama ‘Kapal’ PaDi UMKM, Bikin PT Sinar Bersih Sukses Jaya Capai Transaksi 1,2M dalam Sebulan
1 bulan yang lalu
Fitur RFQ di PaDi UMKM berubah menjadi Tender Kilat
1 bulan yang lalu
Pentingnya Marketplace B2B Tumbuhkan UMKM di Indonesia
3 bulan yang lalu
PaDi UMKM: Transparansi Pengadaan Jasa Raharja dengan Vendor yang Variatif
4 bulan yang lalu