LP
Leap by Telkom
•
24 Jan 2024 11.26 WIB
Kekerasan seksual terhadap anak di Indonesia begitu memprihatinkan. Tercatat, sebanyak 3.547 laporan kasus kekerasan terjadi pada anak sepanjang tahun 2023. Kekerasan terhadap anak merujuk pada setiap bentuk tindakan yang merugikan anak, baik secara fisik, emosional, atau seksual. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendapati kasus kekerasan seksual terhadap anak-lah yang paling banyak terjadi.
“Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak sangat kompleks, setiap tahun jumlah kasus mengalami peningkatan sehingga dibutuhkan langkah penanganan yang serius dan tepat,” ungkap Atwirlany Ritonga, PLT ASDEP Pelayanan Anak yang Membutuhkan Perlindungan Khusus, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).
Salah satu tugas yang diemban KemenPPPA adalah menyediakan rujukan akhir bagi perempuan korban kekerasan dan penyediaan layanan bagi anak yang memerlukan perlindungan khusus, yang memerlukan koordinasi tingkat nasional dan internasional. Selain mendapatkan pengaduan yang masuk melalui layanan aduan milik mereka yaitu SAPA 129, KemenPPPA juga perlu menjaring informasi yang beredar baik di pemberitaan maupun sosial media. Tantangannya adalah bagaimana memindai segala bentuk informasi yang berhubungan dengan isu perundungan, kekerasan, pelecehan, dan topik-topik lainnya yang berkaitan dengan cepat. Mengingat laju informasi yang begitu dinamis, perubahannya begitu cepat, dan seringkali menimbulkan masalah dalam proses pengumpulan data.
“Perubahannya bisa saja terjadi dalam hitungan detik dan terkadang tidak terdata secara komprehensif. Maka kami membutuhkan partner yang bisa membantu kami melakukan monitoring di media sosial termasuk juga berita online,” ungkap Atwirlany.
Atwirlany juga menjelaskan jika pihaknya sangat membutuhkan tools yang bisa membantu mereka dalam pengelolaan Big Data.
“Beruntung kami bertemu BigBox. BigBox membantu kami dalam menemukan dan mendalami kasus-kasus yang masuk ke data kami,” serunya.
Lebih lanjut, aduan yang masuk melalui SAPA 129 akan divalidasi dan diproses melalui BigSosial yang disediakan oleh BigBox. BigBox telah banyak memberikan solusi terkait permasalahan data yang terjadi dan dihadapi banyak sektor industri di Indonesia. Seperti KemenPPPA, BigBox juga dapat digunakan oleh departemen dan lembaga dalam mendorong digitalisasi pemerintahan. BigBox memungkinkan departemen dan lembaga menghadapi berbagai tantangan khususnya terkait produktivitas dan pengelolaan data, bahkan tidak menutup kemungkinan meningkatkan layanan kepada masyarakat. Selain itu, BigBox mampu memberikan rekomendasi strategi manajemen data yang mendukung upaya perencanaan dan misi taktis, termasuk juga untuk mengimplementasikan strategi tersebut.
Dalam dunia usaha semacam Fast-moving Consumer Good (FMCG) yang bergerak di bidang produk konsumen yang sering dibeli dan dikonsumsi, analitik data juga sangat dibutuhkan dalam memetakan arah bisnis. Dalam industri ini, BigBox salah satunya dapat memberikan ‘insight’ sehingga pelaku udaha dapat lebih memahami perilaku konsumen.
BigBox juga dapat digunakan berkolaborasi dengan IoT seperti penggunaan data-data dari beragam device dalam industri manufaktur. BigBox mampu mendistribusikan data yang membantu perusahaan manufaktur dalam menghubungkan produk pintar, teknik, pabrik, dan pengalaman pelanggan. Muaranya, perusahaan manufaktur dapat menjadi produsen yang mampu meningkatkan skala bisnis dengan tetap menjaga kestabilan harga.
BigBox telah mengeksplorasi banyak usecase dalam pengelolaan data, memberikan analytic & insight yang dapat membantu bisnis di sektor lain seperti perusahaan jasa keuangan, pendidikan, kesehatan, asuransi, dan banyak lagi. Melalui BigSocial, BigBox memberikan pandangan yang mendalam dengan memonitor aktivitas media sosial untuk mendapatkan data pola perilaku pengguna internet, tren, influencer, dan isu terkini. BigBox dapat menyederhanakan proses yang memakan waktu seperti pencarian konten, penemuan, dan memperkaya video dengan kemampuan learning machine. Sebagaimana yang dipergunakan oleh KemenPPPA tadi. Secara sederhana, BigBox merupakan inovasi digital sebagai solusi Big Data dan analitik bagi perusahaan atau lembaga di Indonesia.
Melalui BigBox, Telkom berusaha memberikan kontribusi nyata dalam mendigitalisasi bangsa lewat pengelolaan big data yang handal dan terpercaya. Solusi digital diharapkan dapat mendukung upaya penyetaraan keadilan sosial bangsa Indonesia. Salah satunya dalam hal mengakselerasi proses penanganan yang dilakukan oleh KemenPPPA terhadap penyelewengan terhadap hak perempuan dan anak.
“Sekarang, proses monitoring dan analitik data di media sosial dan berita online menjadi lebih mudah dan transparan dan memudahkan kami dalam melakukan reporting dan pengambilan kebijakan. Terima kasih BigBox untuk solusi pengelolaan big data di KPPPA. Pengelolaan big data, BigBox solusinya!” pungkas Atwirlany.
Artikel Terkait
Serial AI for the Nation: Revolusi Dukungan Pelanggan dengan Chatbot Bizy
3 bulan yang lalu
Atasi Kemacetan dengan Pengelolaan Data Mobilisasi Kendaraan
4 bulan yang lalu
Infrastruktur Andal Tentukan Pengembangan AI Next Generation
4 bulan yang lalu
Pemanfaatan IoT pada Industri Logistik: Solusi IoT Antares bantu Tanto Atasi Potensi Kehilangan Container
4 bulan yang lalu