LP
Leap by Telkom
•
31 May 2022 10.06 WIB
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dikenal sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia yang menyumbang 57,24% dari total PDB negara. Terdapat 64,2 juta pengusaha UMKM yang menyerap hingga 117 juta tenaga kerja – angka yang mencapai 97% dari total tenaga kerja di Indonesia.
Namun, tampaknya sebagian besar pengusaha UMKM Indonesia masih bekerja dengan cara yang lebih tradisional. Hanya ada 15,3 juta UMKM yang terlibat dalam ekosistem digital per Agustus 2021, menurut data Kementerian Koperasi dan UKM. Hingga akhir 2024, pemerintah menargetkan 30 juta UKM dapat bergabung dengan ekosistem digital yang sejalan dengan Roadmap Digital UMKM 2021-2024.
Membawa UMKM ke dalam ekosistem digital mungkin akan dihadapi dengan beberapa tantangan, seperti aspek produksi, sumber daya manusia, pengetahuan teknologi dan adopsi model bisnis. Untuk itu, pemerintah perlu mendukung pertumbuhan literasi digital, peningkatan kapasitas produksi, dan peningkatan kualitas serta akses pasar.
Di sisi lain, minimnya infrastruktur digital di daerah-daerah terpencil di Indonesia, menghambat para pemangku kepentingan di pedesaan untuk mengadopsi sistem digital.
Menjawab kendala tersebut, Telkom siap memanfaatkan jaringan dan infrastruktur digitalnya sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Untuk mendukung adopsi digital bagi UMKM, Telkom bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan PaDi UMKM pada Agustus 2020 yang akan membantu pengalaman transaksi online yang mudah dan tidak merepotkan.
Baca juga: Pandemi Justru Tambah Karyawan Berkat PaDi UMKM
Sejak diperkenalkannya PaDi UMKM, Telkom telah bekerja sebagai pengelola informasi terpusat dan layanan pemasaran business-to-business. Bersama delapan BUMN, Telkom bertindak sebagai aggregator untuk bertransaksi, mengembangkan dan membantu orientasi delapan kelompok kegiatan UMKM. UMKM tersebut antara lain yang terlibat dalam program pengembangan Rumah BUMN dan Community Development Center (CDC).
Delapan BUMN yang bekerjasama dengan Telkom tersebut adalah Pembangunan Perumahan (PP), Waskita Karya, Wijaya Karya (Wika), Pupuk Indonesia, PT Pertamina, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM).
Baca juga: Komitmen Pegadaian Membantu Pelaku Usaha Kecil lewat PaDi UMKM
Selain itu, terdapat juga program fasilitas pembiayaan yang didukung oleh BRI, Pegadaian, dan PNM pada tahap awal. Program-program pembiayaan ini akan dikembangkan oleh bank-bank dan lembaga keuangan milik negara lainnya pada tahap selanjutnya.
Pengertian PaDi UMKM
Digagas Kementerian BUMN kemudian dikembangkan Telkom, PaDi UMKM merupakan digital enabler dengan berbagai fitur untuk memfasilitasi dan mengembangkan potensi para pelaku ekonomi Indonesia, utamanya di sektor UMKM.
PaDi UMKM adalah platform e-commerce yang tidak biasa, berperan sebagai mediator dan menghubungkan pelaku UKM berkualitas dengan BUMN melalui empat fitur utamanya:
Mengapa Harus Bergabung bersama PaDi UMKM?
PaDi UMKM berbeda dan bukan platform e-commerce biasa. Fokusnya adalah mendukung UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui ekosistem digital, dan tentunya mendukung sektor yang disebut-sebut sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.
Baca juga: Berkat PaDi UMKM, Parfum Lokal EITR Fragrance Sukses Jaring Puluhan Mitra
Bagi BUMN, PaDi UMKM membantu mereka menemukan produk dan layanan UMKM berkualitas tinggi yang mempermudah kegiatan pemerintah.
Sedangkan untuk pelaku UMKM sendiri, PaDi UMKM hadir dengan keunggulan yang sulit dicapai jika menggunakan platform lain. Beberapa di antaranya di bawah ini:
Di sisi lain, PaDi UMKM memiliki keunggulan lebih dibandingkan platform e-commerce lainnya karena tersedia untuk produk dan layanan UMKM. Berikut kategori yang tersedia di PaDi UMKM:
PaDi UMKM adalah platform lengkap yang dapat digunakan oleh UMKM untuk meningkatkan kinerja bisnisnya dan termasuk e-commerce yang unik. Yuk, langsung saja bergabung dengan kami.
Baca juga: Dari Mimpi bersama Sahabat Membangun Pesantren. Bersama PaDi UMKM, Bisa?
Kalau masih ragu dan mau tahu lebih banyak tentang kami, silakan kunjungi Media Sosial kami.
Facebook : PaDi UMKM
Twitter : PaDi UMKM
Instagram : @padiumkm
Website : padiumkm.id
Youtube : PaDi UMKM
Tiktok : @padiumkm
Artikel Terkait
PaDi UMKM berikan solusi UMKM lewat Business Matching
2 hari yang lalu
Pentingnya Marketplace B2B Tumbuhkan UMKM di Indonesia
3 bulan yang lalu
PaDi UMKM: Transparansi Pengadaan Jasa Raharja dengan Vendor yang Variatif
3 bulan yang lalu
B2B Marketplace Ramah UMKM: Mendorong Pertumbuhan Bisnis Kecil Berdaya Saing
4 bulan yang lalu