Leap Logo

Leap - Digital Telco Hadirkan Ragam Solusi Digital

LP

Leap by Telkom

30 Nov 2023 16.28 WIB

portrait

Era digital telah mampu membuka peluang dan kesempatan entitas bisnis untuk berkembang. Transformasi, atau secara sederhananya perubahan ke arah digital mutlak dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan mengintegrasi teknologi digital ke semua sisi bisnis yang mampu mendorong perubahan fundamental, baik dalam tata kelola dan pengoperasian bisnis, juga bagaimana memberikan ‘value’ terhadap pengguna/customer

PT Telkom Indonesia, Tbk. atau Telkom memiliki mimpi besar membangun ekosistem digital di Indonesia. Dimulai dengan melakukan transformasi Telkom menjadi perusahaan Digital Telco. Transformasi tersebut meliputi perubahan organisasi serta bisnis Telkom dengan menyeluruh dan terintegrasi yang melibatkan empat aspek dasar perusahaan. Yakni, transformasi bisnis, infrastruktur, sistem dan model operasi, serta transformasi sumber daya manusia. Keseriusan Telkom dalam hal ini adalah dengan melahirkan Leap - Telkom Digital.

Leap merupakan sebuah ekosistem digital yang menjadi umbrella brand yang menaungi berbagai inovasi dan solusi digital. Leap - Telkom Digital diluncurkan pada 9 Maret 2022 sebagai bentuk komitmen dan konsistensi Telkom dalam mendorong akselerasi transformasi digital Indonesia di segala aspek kehidupan masyarakat. Cakupan bisnis digital yang digeluti Telkom melalui Leap - Telkom Digital adalah digital platform dan digital services. Di sisi digital platform, Telkom banyak melakukan pembangunan data center, seiring dengan peningkatan solusi layanan komputasi awan, Big Data, IoT, cyber security, dan lain-lain. Sementara pada ranah digital services, kehadiran Telkom dapat dirasakan melalui berbagai inovasi dan solusi digital yang ditujukan untuk ekosistem dan masyarakat. Salah satunya adalah Pasar Digital (PaDi) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

PaDi UMKM merupakan ekosistem pengadaan perusahaan yang menawarkan pengalaman bertransaksi Business to Business (B2B) yang lengkap kepada vendor berskala mikro hingga menengah atau biasa disebut UMKM lewat e-commerce. UMKM memiliki andil yang besar dalam perekonomian Indonesia. Ketika tahun 1998 negara mengalami krisis moneter, UMKM menyumbang sebanyak 60% terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Begitu pula saat pandemi Covid-19 melanda tahun 2020, UMKM terdampak cukup besar tetapi juga yang paling cepat membalik keadaan di kuartal kedua 2021. Itulah sebab mengapa Telkom begitu memperhatikan sektor tersebut. 

Meski UMKM begitu ‘kuat’, tetapi sesungguhnya UMKM masih menghadapi tantangan dalam perluasan pangsa pasar. Sementara kita tahu bahwa pasar yang luas bisa memperkuat positioning UMKM sebagai bemper ekonomi. Hadirnya PaDi UMKM menjembatani pelaku usaha dalam memperluas pasar dengan masuk ke pasar pengadaan, baik pengadaan BUMN maupun perusahaan swasta. Terlebih, PaDi UMKM memiliki beberapa fitur yang dapat mempermudah pengguna, baik dari sisi pembeli atau penjual.

Dalam tiga tahun ini, PaDi UMKM telah menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Lebih dari seratus ribu UMKM telah bergabung ke dalam PaDi UMKM dengan GMV saat ini sudah mencapai 9,1 Triliun. 

Komitmen Telkom dalam penerapan ESG juga tercermin lewat produk/ layanan yang diberikan, termasuk PaDi UMKM. PaDi berhasil membantu peningkatan kesejahteraan sosial para UMKM yang bergabung. Hasil survei menunjukkan bahwa 80% seller mengalami peningkatan omzet setelah bergabung. Fitur-fitur dalam PaDi UMKM juga mempersingkat proses administrasi dan verifikasi yang sebelumnya panjang menjadi lebih ringkas dan cepat. Sekaligus juga mengurangi limbah akibat penggunaan kertas. Sehingga kelestarian terhadap lingkungan dan alam bisa terjaga. 

PaDi UMKM adalah salah satu solusi digital yang dihadirkan Telkom lewat Leap - Telkom Digital. Masih banyak inovasi dan solusi digital yang secara bersamaan dikembangkan dalam proses perubahan menjadi perusahaan Digital Telco. Telkom berkomitmen meningkatkan marwah bangsa lewat digitalisasi!

Formulir Pertanyaan