Leap Logo

LLM dan Masa Depan AI: Kunci Keamanan Data dan Optimalisasi Operasional

LP

Leap by Telkom

26 Aug 2024 14.56 WIB

portrait

Telkom berhasil meningkatkan keamanan data berkat pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) berbentuk Large Language Model atau yang biasa disingkat LLM. Selain dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan internal, LLM juga dimanfaatkan oleh perusahaan atau institusi yang membutuhkan keamanan tinggi dalam menjaga kerahasiaan dan integritas perusahaan.

LLM merupakan salah satu komponen utama yang mendorong perkembangan AI. LLM adalah model AI yang dirancang untuk memahami, memproses, dan menghasilkan teks dalam bahasa manusia. Dengan kemampuannya yang canggih, LLM tidak hanya memajukan kemampuan AI secara keseluruhan tetapi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan keamanan data dan efisiensi operasional perusahaan guna meningkatkan produktivitas perusahaan. LLM merupakan solusi AI yang khusus dikembangkan untuk mengatasi tantangan dalam pemrosesan data sensitif (proses data dengan AI) yang tidak dapat dibagikan ke pihak lain.

Keamanan Data dan Efisiensi Operasional

Dewasa ini, keamanan data menjadi sorotan banyak pihak akibat meningkatkan ancaman siber. Dalam konteks ini, LLM menawarkan beberapa manfaat yang cukup signifikan, di antaranya:

  1. Deteksi dan Pencegahan Ancaman
    Infrastruktur data aman sangatlah penting. LLM dapat digunakan untuk mendeteksi pola yang mencurigakan atau anomali dalam komunikasi digital, seperti email phishing, pesan berbahaya, atau aktivitas jaringan yang tidak biasa. Kemampuannya memahami konteks dan bahasa membuat LLM mampu mengenali ancaman yang lebih kompleks dan terselubung, sehingga membantu mencegah potensi pelanggaran keamanan.
  2. Manajemen Akses dan Autentikasi
    LLM juga dapat mendukung sistem manajemen akses dan autentikasi yang lebih canggih. Misal, model dalam sistem autentikasi berbasis bahasa alami. Pengguna dapat memberikan respons verbal atau teks yang kemudian diverifikasi oleh AI untuk memastikan identitas mereka. Hal ini akan membantu mengamankan data sensitif dari akses yang tidak sah.
  3. Privasi dan Anonimitas Data
    Dalam pengelolaan data pengguna, LLM dapat digunakan untuk proses anonimisasi data. Maksudnya, informasi pribadi diidentifikasi dan disembunyikan dari data yang digunakan untuk analisis atau pemrosesan lebih lanjut. Hal ini menjadi penting untuk menjaga privasi pengguna dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi.

Selain meningkatkan keamanan data, LLM juga berkontribusi besar terhadap peningkatan efisiensi operasional:

  1. Automatisasi Proses Bisnis
    LLM dapat mengotomatisasi banyak tugas rutin yang sebelumnya memerlukan intervensi manusia. Contohnya pada penulisan laporan, pengelolaan email, dan layanan pelanggan. Automasi memungkinkan perusahaan mengurangi beban kerja manual, meningkatkan efisiensi operasional, dan memungkinkan karyawan untuk fokus pada tugas yang lebih strategis.
  2. Pemrosesan Data yang Cepat dan Akurat
    LLM mampu memproses dan menganalisis data teks dalam jumlah besar dengan cepat dan akurat. Proses yang demikian ini sangat penting dalam meningkatkan efisiensi operasional. Sebagai contoh, LLM dapat digunakan untuk memindai dan menganalisis dokumen hukum, catatan medis, atau laporan keuangan, yang sebelumnya memerlukan waktu dan sumber daya manusia yang signifikan. LLM mendukung institusi sebagai contoh dalam konteks peningkatan layanan publik dan transparansi tata kelola institusi.
  3. Pengambilan Keputusan yang Didukung AI
    LLM juga mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat. Karena LLM menyediakan wawasan berbasis data secara real-time. Dalam operasi bisnis, LLM dapat menganalisis (analytics AI) umpan balik pelanggan dan memberikan rekomendasi untuk peningkatan layanan. Sehingga mempercepat respon perusahaan terhadap perubahan kebutuhan pasar.
  4. Kustomisasi dan Personalisasi Layanan
    Kemampuan LLM memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan melalui analisis interaksi sebelumnya, memungkinkan perusahaan menawarkan layanan yang lebih dipersonalisasi. Bukan hanya meningkatkan pengalaman pelanggan saja, tetapi juga sekaligus meningkatkan efisiensi dalam melayani kebutuhan spesifik setiap individu. Pada akhirnya perusahaan dapat meningkatkan pelayanan pelanggan.

Integrasi LLM dan Solusi AI BigBox yang Canggih & Adaptif

Saat ini BigBox yang sudah mengintegrasikan teknologi LLM, menawarkan solusi AI yang jauh lebih canggih, adaptif, personal, dan interaktif. Sehingga mampu membantu perusahaan -atau institusi- menciptakan pengalaman pelanggan yang jauh lebih baik lagi. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Penggunaan LLM pada BigBox memberikan keuntungan kompetitif bagi pelanggan dengan menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih baik dalam mengelola interaksi pelanggan. Perusahaan dapat dengan mudah menciptakan chatbot AI dan sistem otomasi lainnya dengan beradaptasi terhadap kebutuhan dan preferensi pelanggan yang berkembang terus menerus. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi sumberdaya dan operasional, juga membantu menciptakan pengalaman pengguna yang lebih memuaskan dan proaktif. Dengan komitmen untuk terus berinovasi, Telkom Indonesia berupaya memperkuat posisi BigBox sebagai pemimpin dalam solusi AI yang mendukung transformasi digital di berbagai sektor industri. Temukan berbagai solusi menarik dari BigBox di sini.

Formulir Pertanyaan