LP
Leap by Telkom
•
27 Feb 2024 15.54 WIB
Pada masa sekarang, di mana teknologi terus berkembang dengan pesat, pergeseran menuju perdagangan online tak bisa terhindarkan. Di antara berbagai bentuk e-niaga yang berkembang, marketplace Business to Business (B2B) telah muncul sebagai kekuatan yang mengubah lanskap bisnis secara fundamental. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menjual dan membeli produk serta layanan secara online kepada sesama bisnis, marketplace B2B membuka pintu menuju koneksi yang lebih luas, efisiensi yang lebih besar, juga peluang yang tak terbatas.
Sebetulnya, apa yang dimaksud dengan B2B marketplace? Marketplace B2B merupakan platform online di mana perusahaan dapat melakukan transaksi jual beli produk dan layanan kepada perusahaan lain. Mudahnya, marketplace B2B adalah tempat untuk interaksi bisnis, melakukan transaksi jual beli, dan menjalin hubungan dagang antara satu sama lain secara digital. Konsep marketplace B2B adalah memperluas cakupan transaksi bisnis melampaui batasan geografis dan batasan waktu. Sehingga, batasan jadwal kerja yang kaku dan terbatas oleh geografis, menjadi mengendur karena perusahaan memiliki akses ke pasar yang lebih luas. Dari pemain besar hingga usaha kecil dan menengah, bisa terlibat di dalamnya.
Marketplace B2B memiliki berbagai keunggulan, diantaranya berkaitan dengan akses ke pelanggan dan pasar yang lebih luas. Marketplace B2B memungkinkan perusahaan untuk menjangkau pelanggan baru di lokasi yang jauh dan beragam sehingga membuka peluang pertumbuhan yang signifikan. Keunggulan kedua adalah berkaitan dengan efisiensi dan kemudahan dalam bertransaksi, dengan menyediakan platform digital yang mudah digunakan, proses transaksi menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Penjual dapat menawarkan produk dengan cepat, sementara pembeli dapat dengan mudah menemukan apa yang dibutuhkan dan menyelesaikan pembeliannya.
Masih ada juga keunggulan lain seperti diversifikasi penawaran, marketplace B2B seringkali menawarkan berbagai bentuk dan layanan dari berbagai penjual. Tentu saja ini memberi kemudahan bagi pelanggan dalam memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Kemudian, keunggulan lain berhubungan dengan peningkatan penjualan dan keterlibatan pelanggan.
Dengan menghadirkan produk mereka di marketplace yang ramai, perusahaan memiliki kesempatan untuk meningkatkan penjualan mereka dan membangun kedekatan dengan pelanggan. Marketplace B2B juga menyediakan alat untuk menganalisa yang memungkinkan perusahaan bisa melacak kinerja produk mereka, memahami preferensi pelanggan, dan mengidentifikasi peluang pertumbuhan.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, marketplace B2B juga terus berevolusi. Integrasi kecerdasan buatan, analitik lanjutan, dan teknologi blockchain dapat membuka potensi baru untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan inovasi dalam bisnis. Maka marketplace B2B bukan sekadar tempat berlangsungnya transaksi saja, melainkan juga membangun koneksi, memperluas pasar, dan menciptakan nilai tambah bagi perusahaan di mana pun berada.
Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana memilih marketplace B2B yang andal dan terpercaya? Tentu saja ada faktor-faktor yang bisa menjadi pertimbangan, seperti faktor keamanan bertransaksi, faktor kualitas produk, dan keandalan platform. Sehingga penting melakukan identifikasi platform demi mengurangi risiko dalam perdagangan bisnis online.
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi dan melakukan rekam jejak terhadap platform. Caranya cukup mudah. Dengan menemukan ulasan terkait platform, cari tahu sudah berapa lama platform beroperasi, apakah ada laporan yang mencurigakan atau ada tindakan tak etis yang pernah terjadi. Yang kedua adalah memastikan platform tersebut memiliki kebijakan keamanan dan perlindungan data yang kuat. Hal-hal ini berhubungan dengan enkripsi data, autentikasi dua faktor, dan kepatuhan dengan standar keamanan industri yang relevan. Platform yang andal akan melindungi informasi sensitif pada perusahaan yang terkoneksi di dalamnya.
Hal ketiga adalah melakukan validasi dengan mengecek ulasan positif dari pengguna baik penjual maupun pembeli dan bagaimana dengan kebijakan standar kualitas yang ditetapkan oleh platform. Termasuk juga melakukan uji coba pada layanan pelanggan platform untuk mengukur responsivitas, kebermanfaatan, dan kesediaan membantu. Layanan pelanggan yang baik adalah indikator yang kuat dari keandalan dan keseriusan platform dalam memenuhi kebutuhan pengguna.
Yang keempat dan tidak kalah penting adalah mengetahui dan memahami dengan jelas struktur biaya dan komisi yang dikenakan oleh platform. Yang kelima adalah meninjau integrasi platform dengan sistem back-end, seperti apa fitur tambahan yang ditawarkan platform, seperti alat analitik, manajemen inventaris, atau dukungan untuk perdagangan lintas batas.
Dengan mengikuti panduan ini dan melakukan penelitian yang cermat, Anda dapat mengidentifikasi marketplace B2B yang andal dan terpercaya yang akan membantu memperluas jangkauan bisnis Anda, meningkatkan efisiensi operasional, dan mencapai kesuksesan dalam perdagangan bisnis online. Namun, jika Anda mengenal marketplace B2B Pasar Digital (PaDi) UMKM yang dikembangkan Telkom, Anda tidak perlu repot-repot melakukan riset mendalam seorang diri. Karena sejak berdiri tiga tahun silam, sebagai platform digital, PaDi UMKM telah menghubungkan ribuan pelaku usaha baik skala kecil, menengah, atau besar dengan BUMN yang ada di seluruh Indonesia.
Ketahui lebih mendalam lagi bagaimana marketplace B2B PaDi UMKM dapat menjadi solusi bisnis atau pengadaan di perusahaan Anda di sini!
Artikel Terkait
Empat Tahun Berlayar Bersama ‘Kapal’ PaDi UMKM, Bikin PT Sinar Bersih Sukses Jaya Capai Transaksi 1,2M dalam Sebulan
1 bulan yang lalu
Pentingnya Marketplace B2B Tumbuhkan UMKM di Indonesia
3 bulan yang lalu
PaDi UMKM: Transparansi Pengadaan Jasa Raharja dengan Vendor yang Variatif
4 bulan yang lalu
Infrastruktur Andal Tentukan Pengembangan AI Next Generation
4 bulan yang lalu