LP
Leap by Telkom
•
05 Jul 2022 18.03 WIB
Kedaulatan digital Indonesia terwujud, pertumbuhan ekosistem digital Indonesia tercapai, serta standar penghidupan masyarakat menjadi meningkat.
Hal di atas merupakan mimpi seorang Fajrin Rasyid yang kemudian menginisiasi Leap dalam upaya perwujudan mimpinya tersebut. Setelah menjadi Direktur Digital Business Telkom, Fajrin, demikian Ia kerap disapa, melakukan banyak terobosan-terobosan dan inovasi, di antaranya dengan meluncurkan Leap-Telkom Digital (Leap).
Leap merupakan sebuah ekosistem digital yang menjadi umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Leap juga merepresentasikan Telkom Digital Business selaku sebuah entitas bisnis yang mengedepankan transformasi digital melalui kolaborasi dengan pemerintah dan perusahaan raksasa teknologi global.
Tonggak estapet sejarah perjalanan Telkom dimulai dari 9 Maret 2022 dengan peluncuran Leap-Telkom Digital (Leap). Ini menunjukkan bukti nyata dari komitmen dan konsistensi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dalam mendorong akselerasi transformasi digital Indonesia di segala aspek kehidupan masyarakat.
Sebagai umbrella brand, peran Leap mencakup campaign serta aktivasi yang membawahi Leap. Leap sendiri memiliki 3 besaran campaign, yakni Digital Products, Digital Leaders, dan Digital Talents. Melalui campaign demi campaign inilah Leap mengomunikasikan fungsinya melalui kegiatan-kegiatan yang impactful sebagai upaya penyelarasan pemenuhan digital talents terbaik, menciptakan digital produk terdepan dan tentunya dinahkodai oleh para digital leaders yang merupakan para ahli di bidangnya.
Bisa dibilang, hidup Fajrin didedikasikan untuk menumbuhkan industri/ekonomi digital. Sebelum akhirnya bergabung di Telkom, Ia merupakan CoFounder & president Bukalapak. Keberhasilan dan pencapaian entrepenuer-nya ternyata menyulut motivasi untuk berkontribusi lebih kepada negara sehingga bukan hal yang mengejutkan ketika banyak penghargaan Ia terima.
Senarai achievements tersebut antaranya Best Chief Digital Business Officer menurut Itech Magazine and Forti BUMN di tahun 2021, Best Chief Digital Business Officer oleh Digitech Award tahun 2022 serta Fortune 40 under 40 menurut Fortune Indonesia tahun 2022.
Semangat Fajrin pun tercermin dalam spirit yang dibawa Leap, yaitu mendigitalisasikan Indonesia.
Bisa kita lihat melalui logo Leap yang terinspirasi dari dots atau molekul yang merepresentasikan ide, inovasi dan kolaborasi yang digabungkan menjadi Leap sebagai Hub. Sebagai core dan representatif dari ide-ide, dots merupakan poin inspirasi dari brand value yang dimiliki oleh Leap. Sementara icon atau brandmark pada logo, mengartikan ‘always moving forward’, terpancar dari filosofi warna logo sendiri yang menunjukkan vibrant, modern, youthful dan Hi-tech.
Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia, saat ini Telkom tengah memulai perjalanan dalam membangun ekosistem digital pada berbagai sektor penting di Indonesia melalui misi, empati, dan antusiasme yang tertanam dalam jiwa perusahaan.
Peluncuran Leap dilakukan secara daring dengan mengusung teknologi metaverse, dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Mentri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, Wakil Mentri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah.
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, “Seiring dengan disrupsi teknologi saat ini, kita menghadapi tantangan baru, sehingga diperlukan pengembangan ekosistem dan roadmap sendiri, agar masyarakat Indonesia, Bangsa Indonesia tetap kompetitif dan bisa lebih mandiri. Oleh karena itu, melalui Leap, inisiasi dari Telkom Indonesia yang menghadirkan berbagai produk dan layanan digital inovatif yang dapat memberdayakan masyarakat Indonesia dalam membangun ekosistem digital untuk mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital di Indonesia.”
“Telkom berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan solusi digital bagi seluruh lapisan masyarakat. Leap sebagai bagian dari Telkom Digital berperan sangat penting dalam mengakselerasi Digital Ekosistem Indonesia, sekaligus bukti nyata Telkom sebagai BUMN yang bertransformasi menjadi perusahaan digital, di mana produk-produk dan layanan digital yang dihadirkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Proses inovasi Telkom akan terus berlanjut hingga terciptanya kedaulatan digital Indonesia, demi mewujudkan visi Indonesia Maju 2045.”, tambah Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah.
Untuk memperkenalkan produk dan layanan unggulan yang dimiliki Leap, sekaligus sebagai upaya menciptakan pengalaman terbaik, sebelum acara peresmian dilaksanakan, para peserta diajak untuk mengunjungi virtual product booth yang melibatkan produk dan layanan digital unggulan dari berbagai ekosistem, di antaranya PaDi UMKM dan MySooltan di ekosistem UMKM, Logee di ekosistem logistik, serta Agree pada ekosistem pertanian dan perikanan. Selain itu, terdapat juga platform Pijar untuk ekosistem pendidikan, BigBox sebagai platform analisis Big Data, dan Antares sebagai platform IoT, serta aplikasi myIndiHome.
“Leap adalah loncatan yang kami lakukan untuk mempercepat terwujudnya digitalisasi di berbagai sektor dan aspek kehidupan masyarakat, khususnya di sektor dan ekosistem yang kritikal. Leap memiliki visi menjadi bagian dari perusahaan telekomunikasi digital yang dapat memberdayakan masyarakat dalam membangun ekosistem digital demi tercapainya kedaulatan digital Indonesia. Untuk itu, bersama Leap kami mengajak talenta-talenta digital terbaik bangsa untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem digital Indonesia dan memberikan berbagai solusi terbaik guna meningkatkan standar penghidupan masyarakat di era digital,” pungkas Fajrin.
Masih penasaran dengan cerita lainnya? kunjungi medium kami di medium.leaptelkom dan follow untuk mengikuti keseruan lainnya!
Artikel Terkait
Infrastruktur Andal Tentukan Pengembangan AI Next Generation
4 bulan yang lalu
Pemanfaatan IoT pada Industri Logistik: Solusi IoT Antares bantu Tanto Atasi Potensi Kehilangan Container
4 bulan yang lalu
Solusi Omnichannel OCA bantu BSI Maslahat Jangkau Puluhan Ribu Pelanggan dalam Sekali Klik
4 bulan yang lalu
Evolusi Rantai Pasok Digital Solusi Logistik Lebih Efisien
4 bulan yang lalu