Leap Logo

SatuNadi: Solusi SIMRS Berbasis Cloud SaaS

LP

Leap by Telkom

21 May 2024 13.29 WIB

portrait

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) merupakan alat penting dalam pengelolaan rumah sakit modern. Kebutuhan SIMRS saat ini mencerminkan betapa tuntutan dunia kesehatan semakin kompleks. Hal ini mencakup aspek pelayanan, akurasi, efisiensi operasional, dan integrasi data yang tinggi. Dengan diimplementasikannya SIMRS, harapannya rumah sakit dapat mengintegrasikan berbagai jenis data dari berbagai departemen, seperti data pasien, catatan medis elektronik atau Electronic Medical Record (EMR), laboratorium, radiologi, dan farmasi. Integrasi ini penting untuk memberikan gambaran lengkap tentang status pasien dan mendukung keputusan klinis yang lebih baik.

Sistem juga harus dapat berkomunikasi dengan perangkat dan sistem lain baik di dalam rumah sakit maupun dengan entitas eksternal seperti fasilitas kesehatan lainnya, lembaga asuransi, dan tentu saja sistem kesehatan pemerintah. Hal ini berguna untuk memastikan pertukaran informasi harus lancar dan koheren. Nah, dengan demikian maka ada hal yang sangat perlu diperhatikan, yakni terkait keamanan dan privasi data. Dengan meningkatnya ancaman siber, SIMRS harus memiliki fitur keamanan yang kuat untuk melindungi data sensitif pasien. Ini termasuk enkripsi; Autentikasi multifaktor (MFA) yang memberikan lapisan perlindungan tambahan saat mengakses akun atau aplikasi, di mana pengguna perlu memberikan verifikasi identitas tambahan seperti memindai sidik jari atau memasukkan kde yang diterima melalui ponsel; serta kepatuhan terhadap regulasi privasi.

Selain itu, SIMRS juga harus user-friendly untuk memastikan bahwa staf medis dan administrasi dapat menggunakannya dengan efisien tanpa membutuhkan pelatihan yang berlebihan. Antarmuka yang intuitif dan responsif sangat penting. Dengan semakin berkembangnya teknologi mobile, kebutuhan untuk mengakses SIMRS melalui perangkat seluler atau remote access menjadi semakin penting. Sehingga hal ini memungkinkan dokter dan staf untuk mengakses informasi kapan saja dan di mana saja, meningkatkan responsivitas dan kualitas perawatan.

SIMRS modern juga harus dilengkapi dengan kemampuan analitik untuk membantu dalam hal pengambilan keputusan, baik yang bersifat klinis maupun dari sisi manajemen. Fitur yang terdapat dalam SIMRS seharusnya memungkinkan analisis data kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, efisiensi operasional, dan pengelolaan biaya. Untuk mendukung keputusan klinis, sistem harus menyediakan alat bantu berbasis data yang membantu dokter dalam mendiagnosis dan meresepkan perawatan berdasarkan bukti medis terbaru dan data pasien yang komprehensif. Sementara di sisi manajemen, SIMRS juga seharusnya dapat membantu dalam hal manajemen sumber daya rumah sakit, termasuk manajemen inventaris, penjadwalan staf, dan alokasi kamar pasien. SIMRS akan memastikan bahwa sumber daya digunakan secara efisien dan pelayanan kepada pasien tidak terganggu.

Demikianlah prinsip-prinsip yang dipegang oleh Satunadi, sebuah platform SIMRS yang dirancang khusus menggunakan konsep Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis Cloud yang mengelola seluruh aspek operasional dan integrasi rumah sakit. Integrasi ini mencakup seluruh unit/bagian/instalasi yang ada di rumah sakit baik layanan medis maupun non medis.

SIMRS SatuNadi Berbasis Cloud

SIMRS berbasis Cloud dimaksudkan kepada sistem informasi manajemen rumah sakit yang tidak lagi dijalankan di server fisik. Dengan menggunakan Cloud, sistem ini dapat diakses dan dijalankan melalui layanan awan/Cloud yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud. Artinya, seluruh data pasien, catatan medis, informasi administrasi, dan aplikasi terkait SIMRS disimpan dan dikelola di pusat data yang memiliki lapisan keamanan yang kuat. Pengguna pun dapat mengakses dengan koneksi internet dari berbagai device seperti komputer, bahkan ponsel pintar. SIMRS berbasis Cloud juga tidak memerlukan pemeliharaan sistem dan pembaruan perangkat lunak oleh rumah sakit, semua dilakukan oleh penyedia layanan Cloud.

SatuNadi berbasis Cloud SaaS, memiliki kemampuan dalam proses dan integrasi seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan, dan prosedur administrasi integrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat, dan akurat. Setiap rumah sakit mungkin menghadapi tantangan yang berbeda dalam mengadopsi SIMRS berbasis cloud, dan solusi yang efektif akan bervariasi berdasarkan konteks dan kebutuhan individu. Tetapi, dengan perencanaan yang matang, dukungan yang kuat, dan langkah-langkah keamanan yang tepat, banyak tantangan ini dapat diatasi untuk mewujudkan SIMRS berbasis cloud dalam manajemen rumah sakit.

Keunggulan Utama SIMRS SatuNadi Berbasis Cloud SaaS

SIMRS SatuNadi berbasis Cloud Software as a Service (SaaS) memiliki banyak keunggulan, salah satu yang paling menonjol adalah aksesibilitas yang lebih baik. Dibanding sistem tradisional, data seringkali hanya dapat diakses secara lokal di rumah sakit, sedangkan SIMRS berbasis cloud memungkinkan staf medis dan administratif untuk mengakses data dari mana saja dengan koneksi internet, seperti disinggung di atas. Sehingga, baik perawat dan dokter dapat melihat catatan medis pasien dan mengambil keputusan perawatan bahkan ketika mereka berada di luar rumah sakit.

Kelebihan lain adalah skalabilitas yang signifikan. Ketika rumah sakit tumbuh atau menghadapi peningkatan sementara dalam beban kerja, rumah sakit dapat dengan mudah menambahkan sumber daya Cloud tanpa perlu melakukan investasi besar dalam perangkat keras tambahan. Hal ini berbeda dengan SIMRS berbasis server yang memerlukan perencanaan yang lebih cermat dan investasi biaya besar untuk menghadapi pertumbuhan atau perubahan kapasitas.

Kemudian, keunggulan dari SIMRS SatuNadi berbasis Cloud adalah memiliki infrastruktur keamanan yang kuat dan mematuhi standar keamanan yang ketat. Lapisan keamanan tersebut mencakup enkripsi data, pemantauan keamanan real-time, dan otentikasi yang kuat. Selain itu, Satunadi yang dikembangkan oleh Telkom juga memiliki tim ahli keamanan siber yang terus memantau untuk menjaga data yang disimpan dan dikelola dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan SIMRS berbasis server.

Tidak di situ saja, keunggulan tambahan yang dimiliki SIMRS Satunadi berbasis cloud ini memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antara departemen di rumah sakit. Data pasien dan informasi kesehatan dapat dengan mudah dibagikan dan diakses oleh berbagai tim medis, seperti dokter, perawat, dan ahli farmasi. Sehingga meningkatkan koordinasi dalam perawatan pasien dan dapat mengurangi risiko kesalahan karena informasi yang lebih mudah diakses dan dikelola secara bersama-sama. Jika rumah sakit telah menggunakan SIMRS SatuNadi yang berbasis Cloud ini, tentu saja Anda dapat melakukan penghematan biaya jangka panjang. Karena rumah sakit tidak perlu menginvestasikan sejumlah besar uang dalam perangkat keras dan pemeliharaan infrastruktur lokal, biaya awal, dan total kepemilikan cenderung lebih rendah. Selain itu juga, dengan model berlangganan yang umumnya digunakan oleh penyedia Cloud, rumah sakit hanya membayar untuk sumber daya yang mereka gunakan, yang tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Temukan informasi lebih mendalam mengenai SatuNadi dan jangan lewatkan kesempatan pengajuan demo SatuNadi di sini.

Formulir Pertanyaan