LP
Leap by Telkom
•
20 Jun 2024 16.16 WIB
Efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan menjadi hal penting bagi keberlangsungan bisnis, dan WhatsApp Business Application Programming Interface (API) menawarkan solusi tersebut!
WhatsApp Business API adalah solusi yang memungkinkan perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan mereka melalui platform secara lebih efektif dan terintegrasi. API ini dirancang untuk bisnis menengah hingga besar yang memerlukan alat komunikasi yang dapat diintegrasikan dengan sistem Customer Relationship Management (CRM) dan sistem manajemen bisnis lainnya.
Penggunaan fitur ini akan meningkatkan layanan pelanggan, bisnis dapat menggunakan platform komunikasi untuk memberikan dukungan pelanggan secara langsung, menjawab pertanyaan, dan menyelesaikan masalah dengan cepat. Penjualan dan pemasaran pun dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan mengirim penawaran khusus, promosi, dan informasi produk baru kepada pelanggan yang telah memberikan izin untuk menerima pesan.
Fitur komunikasi ini juga bisa diatur mengirim pengingat untuk janji, pembaruan pengiriman, dan notifikasi pembayaran kepada pelanggan. Serta mengkonfirmasi pesanan, memberikan pembaruan status pengiriman, dan menangani pertanyaan terkait pesanan melalui platform.
Perusahaan juga dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia seperti mengirim dan menerima pesan dari pelanggan dalam bentuk teks, gambar, video, dokumen, dan lain-lain, sehingga interaksi yang dinamis dapat terjalin. Bisnis juga dapat mengirim notifikasi penting seperti konfirmasi pesanan, pengiriman, pengingat janji, dan pembaruan lainnya kepada pelanggan secara otomatis.
API juga menggunakan template pesan yang disetujui untuk mengirim pesan proaktif. Template ini memastikan pesan yang dikirim sesuai dengan pedoman dan kebijakan yang berlaku. Bisnis pun dapat mengintegrasikan chatbot untuk menangani pertanyaan umum dan memberikan dukungan pelanggan 24/7. Chatbot dapat diintegrasikan dengan AI untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dukungan. Dan, semua pesan yang dikirim melalui API terenkripsi end-to-end, sehingga menjaga privasi dan keamanan komunikasi antara bisnis dan pelanggan.
Penggunaan API dapat lebih maksimal saat Anda menggunakan Omni Communication Assistant (OCA) dari Telkom. OCA menyediakan API yang dirancang untuk membantu mengelola komunikasi di berbagai saluran secara terintegrasi dan efisien. OCA menggunakan teknologi terkini seperti Artificial Intelligence (AI), misalnya dan otomatisasi untuk menyederhanakan dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan pengguna di berbagai media.
OCA Penggunaannya juga cukup sederhana, bisa menggunakan dashboard yang sudah disediakan oleh OCA maupun dengan mengintegrasikan sistem atau platform milik perusahaan (pelanggan) menggunakan API yang disediakan oleh OCA.
OCA sendiri memiliki beberapa channel komunikasi, yang salah satunya adalah WhatsApp. Salah satu fungsinya adalah blasting atau menyebarkan pesan secara otomatis. Contohnya seperti pengiriman otomatis untuk kode OTP. Solusi komunikasi yang diberikan oleh OCA sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis suatu perusahaan.
Beberapa alasan yang membuat API dalam OCA menjadi alat yang sangat berharga untuk bisnis, antara lain:
WhatsApp Business API teranglah menjadi ‘alat’ mumpuni untuk bisnis yang ingin meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Maksimalkan potensi bisnis Anda dan segera diskusikan bagaimana Anda mengoptimalkan solusi komunikasi menggunakan OCA, di sini https://www.ocaindonesia.co.id/
Artikel Terkait
IPC Terminal Petikemas Berhasil Meningkatkan Layanan Pelanggan dengan Pelanggan hingga 233% berkat OCA Interaction
1 bulan yang lalu
Solusi Komunikasi OCA terhadap Dukungan Pelanggan dengan WhatsApp Business API
3 bulan yang lalu
Penerapan Strategi Omnichannel dengan Omni Communication Assistant (OCA)
4 bulan yang lalu
Solusi Digital OCA Berhasil Menaikkan Pembayaran Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Kab. Kulon Progo Sebanyak 40%
1 tahun yang lalu