LP
Leap by Telkom
•
03 Jun 2024 11.51 WIB
Jika ingin bisnis sukses, jangkau pelanggan dengan cepat dan efisien!
Kira-kira begitu yang diterapkan oleh BSI Maslahat, lembaga pengelola zakat dan dana sosial yang merupakan mitra dari Bank Syariah Indonesia (BSI). Belajar dari pengalaman, mereka menyadari bahwa komunikasi dengan pelanggan adalah cara kunci utama keberlanjutan suatu bisnis. Namun, untuk menjangkau puluhan, bahkan ratusan ribu pelanggan, dibutuhkan solusi omnichannel yang tepat agar komunikasi bisa cepat, efektif, dan efisien. Juga tidak makan biaya banyak tentunya.
Dewasa ini, aplikasi WA Blast seolah mutlak kegunaannya. Aplikasi dengan fitur ini memungkinkan suatu bisnis menyampaikan informasi kepada para ribuan pelanggan dalam sekali klik. Tetapi, ternyata WA Blast saja tidaklah cukup. Dibutuhkan fitur-fitur dan solusi lain yang berkesinambungan dan terintegrasi. Itu sebabnya belakangan kita sering mendengar istilah omnichannel communication. Omnichannel communication menggunakan pendekatan yang mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi menjadi satu kesatuan yang terpadu, sehingga dapat menjadi kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif. Mengenai penerapan strategi omnichannel telah kami tuliskan pada artikel sebelumnya.
BSI Maslahat memiliki pelanggan yang tersebar di berbagai daerah seperti Jakarta, Aceh, Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Banjarmasin, dan Makassar, sehingga membuatnya kewalahan dalam melaksanakan sosialisasi program secara efektif dalam waktu yang ringkas. Padahal, mereka ingin para donatur, pemangku kepentingan, dan masyarakat bisa segera memperoleh informasi tersebut.
Dari pain problem ini, maka disimpulkan bahwa mereka memerlukan suatu strategi untuk mengelola interaksi dengan pelanggan dan calon pelanggan, kepada donatur dan calon donatur. Strategi ini kita kenal dengan istilah Customer Relationship Management (CRM). Dan Omni Communication Assistant (OCA) yang dikembangkan Telkom adalah solusinya!
Mengandalkan inovasi OCA Interaction, BSI Maslahat mampu mengoptimalkan pelayanan, memaksimalkan kinerja, dan produktivitas dengan menjangkau lebih dari 10.000 pelanggan secara online. Mulai dari menjawab informasi seputar penyaluran dana, penyebaran informasi terkait program dan campaign yang sedang dijalankan, dan lain sebagainya. Sebagaimana yang disampaikan langsung oleh Jumadi Kurniawan, Manajer BSI Maslahat.
“Beruntungnya kami dipertemukan dengan OCA, Omni Communication Assistant, salah satu produk digital Telkom Indonesia. Sudah dua tahun sejak April 2021, OCA membantu kami dalam mengefektifkan campaign dan penyebaran informasi melalui layanan OCA Blast dan juga OCA Interaction. Kalau sebelumnya mengirim informasi ke donatur via WA secara manual satu persatu dan membutuhkan waktu hingga lima hari, dengan OCA satu kali klik pesan langsung terkirim kepada 10.000 kontak,” ungkap dia.
Seperti disebutkan tadi, penggunaan WA Blast atau omnichannel communication secara umum sangat penting pada era digital seperti sekarang. Salah satu keunggulan utama dari omnichannel communication adalah kemampuannya untuk memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten di semua saluran. Pelanggan dapat berinteraksi dengan merek melalui berbagai platform seperti email, media sosial, situs web, aplikasi seluler, dan toko fisik tanpa merasakan perbedaan dalam kualitas layanan. Konsistensi ini meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan karena mereka merasa diprioritaskan dan dipahami oleh perusahaan.
Selain itu, omnichannel communication memungkinkan perusahaan untuk menjangkau pelanggan melalui saluran yang paling nyaman bagi mereka. Dengan memanfaatkan data pelanggan untuk mengirimkan pesan yang relevan dan tepat waktu, perusahaan dapat meningkatkan keterlibatan dan interaksi dengan pelanggan. Keterlibatan yang tinggi ini berpotensi meningkatkan konversi dan penjualan, karena pelanggan merasa terlibat dan dihargai.
Dengan mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi ke dalam satu platform terpadu, perusahaan dapat mengelola interaksi pelanggan dengan lebih efisien. Tim dukungan pelanggan tidak perlu lagi berpindah-pindah antara berbagai alat dan sistem, yang dapat mengurangi kesalahan dan mempercepat respons. Efisiensi operasional ini tidak hanya menghemat waktu dan biaya tetapi juga meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.
Hal-hal di atas sudah dirasakan oleh BSI Maslahat sejak tiga tahun silam, bahkan berlanjut sampai saat ini. Hal ini seolah ditegaskan lagi oleh pernyataan Risyad Iskandar, Direktur BSI Maslahat, “Kami sudah menemukan solusi terbaik untuk tantangan komunikasi dan sosialisasi, selama ada OCA, beres!”
Jadi, kapan giliran bisnis Anda?! (hzr)
Artikel Terkait
Infrastruktur Andal Tentukan Pengembangan AI Next Generation
4 bulan yang lalu
Pemanfaatan IoT pada Industri Logistik: Solusi IoT Antares bantu Tanto Atasi Potensi Kehilangan Container
4 bulan yang lalu
Solusi Omnichannel OCA bantu BSI Maslahat Jangkau Puluhan Ribu Pelanggan dalam Sekali Klik
4 bulan yang lalu
Evolusi Rantai Pasok Digital Solusi Logistik Lebih Efisien
4 bulan yang lalu