LP
Leap by Telkom
•
31 May 2022 09.49 WIB
Revolusi industri 5.0 sudah dekat. Dengan perubahan yang cepat di dunia digital, bisnis tradisional perlu digitalisasi atau mati.
Indonesia memperluas nilai ekonomi digitalnya menjadi 44 miliar dolar AS pada tahun 2020 dan menargetkan untuk tumbuh delapan kali lebih tinggi pada tahun 2030. Namun terlepas dari ekspansi besar dan ambisinya yang unggul, ekonomi digitalnya menghadapi perbedaan di seluruh akses, sumber daya manusia, dan aplikasi.
Data Bank Dunia menyebutkan 49% dari total penduduk dewasa Indonesia masih belum memiliki akses internet. Pada tahun 2020, total 73,7% penduduk memiliki akses internet tetapi 55,7% disumbang oleh pulau Jawa yang berpenduduk terpadat.
Tekanan ada di sini untuk bertahan dan tumbuh, tetapi perjalanan untuk beralih ke dunia digital mungkin tidak semudah kelihatannya. Oleh karena itu, pilihan bijak untuk memulai adalah dengan menggunakan mesin inti yang tersedia untuk membantu membuka pintu ke dunia digital, dan Leap bisa menjadi jawabannya.
Sebuah brand baru yang diluncurkan oleh Telkom Indonesia, Leap merupakan core engine untuk transformasi mewujudkan kedaulatan digital Indonesia. Melalui Leap, Telkom ingin menciptakan ekosistem digital yang memberikan inovasi, solusi, dan transformasi untuk menghadirkan peluang yang lebih baik bagi semua orang.
Leap bertujuan untuk mendigitalkan bangsa. Semangatnya adalah memberikan solusi inovatif untuk memecahkan tantangan sosial-ekonomi yang kompleks melalui inklusi digital sehingga kedaulatan digital negara dapat dicapai dengan cepat.
Leap for your Life!
Dengan pertempuran global melawan pandemi Covid-19, digitalisasi di semua aspek kehidupan telah dipercepat. Melalui platform digital, orang yang tinggal di pedesaan dapat dengan mudah mengejar ketinggalan dengan seseorang di belahan bumi yang lain.
Semua mungkin terjadi di dunia tanpa batas saat ini, dan Leap siap membantu! Bagi pemilik bisnis, penting untuk menemukan mitra yang tepat untuk berkolaborasi dan berkembang lebih jauh; dan di atas segalanya, untuk membuat transformasi tanpa rasa sakit. Kemudian, inilah bagaimana Leap dapat melompati dan membawa hidup kita jadi lebih baik:
Koneksi data internet adalah kunci untuk memegang dunia di telapak tangan Anda. Kecepatan internet Indonesia masih terendah di Asia Tenggara dengan hanya 22,83 Mbps pada akhir tahun 2021. Tampaknya merepotkan, tetapi Telkom menghadirkan pengalaman baru melalui myIndihome. Melalui kolaborasi dengan myIndiHome, Anda akan menemukan pengalaman yang ditingkatkan melalui solusi end-to-end dan sempurna dalam satu aplikasi, hanya dengan sekali klik.
Digitalisasi menjadi kunci percepatan pertumbuhan UKM. Pada 2024, pemerintah Indonesia menargetkan 30 juta UKM go digital dari hanya 13,5 juta pada pertengahan 2021. Namun, di antara bisnis yang memiliki akses ke platform digital, hanya ada 23% barang yang diproduksi secara lokal. Persaingan dengan produk impor tetap tinggi, sehingga UKM lokal harus menemukan platform yang tepat yang didedikasikan untuk audiens tertentu, seperti perusahaan milik negara. UMKM Padi menjawab tantangan tersebut dan membuka pintu bagi pertumbuhan UMKM lokal.
Sejak zaman penjajahan, Indonesia telah berkembang menjadi negara agraris. Pada tahun 2021, sektor pertanian masih menjadi salah satu penopang utama PDB dengan komoditas utama beras melalui 55,27 ton produk gabah kering giling. Sejak tahun 2019, Telkom membangun inovasi untuk mendukung peningkatan sektor pertanian. Semua pemangku kepentingan perlu berkolaborasi dan Agree hadir sebagai solusi untuk mendobrak hambatan pertumbuhan sektor pertanian.
Data masih merupakan emas baru, dan begitu juga milik Anda! Laporan Deloitte mengatakan, pada tahun 2030, pengumpulan dan analisis data akan menjadi dasar dari semua penawaran layanan dan model bisnis di masa depan. Analisis data dapat membantu bisnis kecil mengubah cara mereka mempromosikan produk, terlibat dengan klien, mengelola keuangan, dan secara keseluruhan, mengembangkan bisnis Anda lebih jauh. Sangatlah berharga untuk menganalisis data Anda dengan BigBox, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang bijaksana untuk ekspansi lebih lanjut.
Pandemi Covid-19 telah meningkatkan permintaan untuk lebih banyak adopsi dan integrasi teknologi digital, tetapi masih ada hambatan dalam mengadopsi teknologi. Menurut survei Forbes, hanya 23% UKM yang mampu mendedikasikan sumber daya untuk alat digital baru meskipun 97% perusahaan global telah mempercepat adopsi teknologi untuk melewati pandemi. Oleh karena itu, mysooltan hadir sebagai titik sentuh digital tunggal bagi UKM untuk mengadopsi teknologi secara cepat dan mudah ke dalam operasi bisnis.
Di era digital, sekitar 43,2% bisnis global diperkirakan akan mengurangi tenaga kerjanya karena teknologi, termasuk Internet of Things (IoT). Kedengarannya seperti bencana, tetapi ini berarti mengembangkan bisnis Anda melalui IoT diperlukan. Itulah sebabnya Telkom meluncurkan Antares, penyedia solusi IoT end-to-end, untuk mendukung transformasi bisnis melalui dua solusi yaitu platform IoT dan konektivitas IoT.
Dunia terus berubah, jadi sebaiknya kita tidak berhenti belajar, terutama ketika pendidikan dapat diakses melalui platform digital. Pada tahun 2020, ukuran pasar e-learning global melampaui USD 250 miliar dan dapat tumbuh lebih dari 21% CAGR antara tahun 2021 dan 2027. Di tengah pertumbuhan yang cepat ini, Pijar Mahir hadir sebagai platform pembelajaran digital terintegrasi, dengan akses mudah untuk siswa, pencari kerja atau profesional untuk meningkatkan keterampilan mereka. Platform ini juga bertujuan untuk menghubungkan peserta didik, lembaga pelatihan, dan portal pekerjaan.
Dengan 17.000 pulau di seluruh negeri dan pertumbuhan industri e-commerce yang tinggi, Indonesia memiliki kebutuhan khusus akan logistik. Pasar kargo dan logistik negara ini diperkirakan akan tumbuh sebesar 10,27% dari CAGR sepanjang tahun 2020 hingga 2025, tetapi sektor logistik masih terfragmentasi. Melalui tiga layanannya: transportasi, distribusi dan menara kontrol, LOGEE bertekad untuk mendorong proses logistik yang lebih efisien dan produktif. Semuanya mudah, efisien, dan tanpa kertas. Pada akhirnya, ini juga akan membantu Anda dalam mengelola data dan informasi dari seluruh proses rantai pasokan.
Transformasi dengan LEAP
Catat tanggalnya untuk bertransformasi dengan Leap! Telkom resmi meluncurkan brand Leap pada Februari 2022 untuk menjalankan visinya: Mendigitalkan Bangsa.
Setiap huruf LEAP memiliki nilai tersendiri yang mewakili komitmen perusahaan untuk transformasi digital.
L – Look for progress
E – Exploring new ideas to innovate
A – Always giving good impact
P – Providing solutions
Bersamaan dengan itu, Leap akan hadir produk digital unggulan lainnya oleh Telkom: PaDi UMKM, BigBox, mysooltan, Agree, LOGEE, Pijar Mahir, Antares dan myIndiHome.
Telkom hadir untuk berkontribusi. Kami juga percaya sinergi dan kolaborasi skala besar adalah kunci ekosistem yang terintegrasi secara digital.
Artikel Terkait
Teknologi AI dari Telkom: Solusi Tingkatkan Bisnis dan Digitalisasi Bangsa
1 bulan yang lalu
Leap - Digital Telco Hadirkan Ragam Solusi Digital
1 tahun yang lalu
Menghadapi Tantangan dalam Menyusun Strategi Digital Marketing
1 tahun yang lalu
Hyper Growth dalam Transformasi Digital Pemerintah. Apa Bisa?
1 tahun yang lalu