LP
Leap by Telkom
•
01 Dec 2022 15.10 WIB
Bali – Pemerintah saat ini fokus melakukan transformasi ekonomi melalui 6 strategi besar untuk mewujudkan pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan. Salah satu strategi yang akan dilakukan yaitu melaksanakan transformasi digital melalui pembangunan infrastruktur, pemanfaatan digital, dan penguatan enabler sehingga diharapkan mampu memimpin pertumbuhan ekonomi nasional pada 2045.
Rencana Induk Pengembangan Industri Digital Indonesia 2023-2045 ini diluncurkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), pada acara puncak Indonesia Development Forum (IDF) 2022, yang diselenggarakan di Bali, pada 21-22 November 2022 lalu.
Peluncuran tersebut merupakan buah kerja sama antara Bappenas dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah bertransformasi menjadi perusahaan digital telekomunikasi.
“Pengembangan industri digital nasional telah diselaraskan dengan penerapan industri 4.0 sesuai dengan amanat RPJMN 2020-2024 dan Kebijakan Industri Nasional 2020-2024, serta rencana transformasi digital nasional,” ujar Wahyu Wijayanto, Koordinator Ekonomi Kreatif Direktorat Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian PPN/Bappenas.
Indonesia memang sedang gencar dalam memperkuat transformasi digital untuk pemerintahan. Bahkan, kini konsep desa cerdas pun telah tercipta. Gerakan ini mulai semakin terdorong sejak pandemi lalu, di mana orang-orang diwajibkan untuk beraktivitas di rumah dan mengandalkan penggunaan internet seperti myIndiHome untuk kehidupan sehari-hari.
Wahyu menegaskan, manfaat dari pelaksanaan transformasi digital harus bisa dinikmati oleh pelaku usaha dalam negeri melalui peluang yang terbuka, sebagai respon dari potensi pasar serta memperkuat rantai pasok industri digital di tanah air.
“Industri digital nasional dibangun dan dikembangkan dengan visi berdaulat, tangguh, bertumbuh, dan makmur, serta misi yang didasarkan dari mandat konstitusi,” tegas Wahyu.
Sementara itu, Telkom mengambil peran aktif dalam mengakselerasi transformasi industri digital nasional ini dengan memberikan solusi Satu Data Indonesia (SDI) yang memanfaatkan produk BigBox, sebagai salah satu produk digital di bawah naungan Leap-Telkom Digital.
Platform SDI di BigBox memiliki keunggulan dalam mengintegrasikan data atau yang dikenal dengan istilah data hub. BigBox memposisikan diri sebagai principal untuk end-to-end data solution berbasis teknologi Big Data, lewat berbagai fitur seperti BigSocial, BigMarket, dan BigOne yang bisa dimanfaatkan sebagai solusi penyatuan data di berbagai instansi.
“Penerapan Satu Data Indonesia dapat mendorong terciptanya pemerintahan yang baik (good government) yang didukung oleh tata Kelola kebijakan yang baik, data yang berkualitas, penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta keterlibatan aktif seluruh elemen masyarakat. Dengan begitu, digitalisasi bisa memimpin pertumbuhan ekonomi nasional sesuai dengan yang dicita-citakan pemerintah,” ungkap Muhammad Sigit Pramudya, CEO BigBox.
Tak hanya itu, Telkom juga menerapkan platform Satu Data Indonesia di bidang kesehatan. Joddy Hernady, Head of Digital Vertical Ecosystem – Health Telkom, menjelaskan inisiatif yang dilakukan Telkom adalah dengan menyuguhkan super apps yang mengintegrasikan berbagai sektor di bidang kesehatan.
“Platform Satu Sehat dari Telkom bisa mengintegrasikan 2.985 rumah sakit, 10.260 puskesmas, 11.347 klinik, 5.862 praktik dokter dan dokter gigi, serta 1.400 laboratorium,” jelas Joddy.
Dalam acara Special Session di perhelatan IDF 2022, BigBox juga menyerahkan PIDI Award sebagai apresiasi implementasi Satu Data Indonesia. PIDI Award merupakan apresiasi bagi organisasi yang telah berinisiatif menjadi enabler pengembangan ekosistem industri digital, baik itu dari sisi connectivity, aplikasi dan sistem informasi, serta digitalisasi layanan.
Ada tiga nominator yang menerima penghargaan ini, yaitu Kaur Bengkulu yang datang langsung di lokasi acara, kemudian Diskominfo Kota Semarang dan Diskominfo Payakumbuh yang hadir secara daring.
BigBox merupakan bagian dari Leap sebagai umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses https://leap.digitalbisa.id/.
Artikel Terkait
6 Solusi AI Terbaik Milik BigBox
4 hari yang lalu
Telkom Perkuat BigBox dengan AI Microsoft, Inovasi Mutakhir untuk Masa Depan Digital yang Lebih Cerdas
6 hari yang lalu
LLM dan Masa Depan AI: Kunci Keamanan Data dan Optimalisasi Operasional
1 bulan yang lalu
BigBox Hadirkan Platform AI untuk Ciptakan Chatbot Tanpa Keahlian Coding yang Bisa Tingkatkan Lebih 70% Layanan Pelanggan
1 bulan yang lalu