LP
Leap by Telkom
•
04 Mar 2025 11.56 WIB
Sejak bertransformasi menjadi perusahaan digital telco, Telkom terus menghadirkan berbagai solusi digital inovatif, termasuk kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Beragam solusi AI yang dikembangkan telah dimanfaatkan oleh pemerintah dan industri di Indonesia untuk mendorong digitalisasi dan meningkatkan daya saing. Melalui AI, Telkom mempercepat transformasi digital di berbagai sektor, menghadirkan efisiensi, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan.
“Kami terus mengembangkan inovasi digital yang memberikan dampak nyata bagi masyarakat dan perekonomian, salah satunya melalui pengembangan AI,” ungkap Direktur Digital Bisnis Telkom, Fajrin Rasyid.
AI diyakini akan mengubah cara hidup manusia secara signifikan. Teknologi ini telah terbukti meningkatkan efisiensi dalam berbagai aspek bisnis. Dengan implementasi AI yang luas, manusia memasuki era di mana teknologi menjadi mitra utama dalam pengambilan keputusan dan operasional sehari-hari.
Salah satu inovasi AI unggulan dari Telkom adalah BigBox AI, yang berada di bawah payung Leap Telkom Digital. BigBox AI telah membantu instansi pemerintah dan perusahaan dalam mengotomatisasi tugas rutin, memungkinkan tenaga kerja untuk lebih fokus pada aspek strategis, kreatif, dan pengambilan keputusan.
Sebagai contoh, BigBox AI mengembangkan teknologi Large Language Models (LLM) dan Natural Language Processing (NLP) yang telah dimanfaatkan oleh berbagai instansi pemerintah untuk analisis teks dan percakapan. Teknologi ini tidak hanya mempercepat komunikasi dan pengambilan keputusan, tetapi juga meningkatkan kredibilitas layanan di berbagai industri.
Salah satu implementasi AI yang telah terbukti efektif adalah chatbot berbasis LLM dan NLP. Chatbot dari BigBox AI, yang awalnya digunakan untuk peningkatan layanan pelanggan Telkom, kini telah diadopsi oleh berbagai sektor industri dan pemerintahan. Chatbot ini memungkinkan instansi dan perusahaan untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis, sementara tim layanan pelanggan dapat fokus pada kasus yang lebih kompleks.
Selain chatbot, BigBox AI juga menghadirkan solusi Legal Analytics yang mendukung instansi pemerintahan dalam pembuatan kebijakan berbasis data. Dengan dukungan NLP dan Machine Learning (ML), teknologi ini mampu menganalisis dokumen hukum secara mendalam, mengidentifikasi pola, serta memberikan prediksi berbasis data yang telah dipelajari.
Berdasarkan riset dari Statista, Precedence Research, dan Gartner, pasar AI global diproyeksikan tumbuh dengan CAGR sebesar 20-24% hingga tahun 2032. Sementara itu, di Indonesia, nilai pasar AI diperkirakan mencapai USD 4,03 miliar pada tahun 2030. Penetrasi AI di Tanah Air terus meningkat, bahkan laporan Boston Consulting Group 2023 menyebut Indonesia sebagai salah satu dari empat negara dengan pengguna ChatGPT terbanyak.
Pemerintah Indonesia telah merespons tren ini dengan meluncurkan Strategi Nasional AI 2020-2045, yang bertujuan membangun ekosistem AI yang berkelanjutan. Sejalan dengan inisiatif ini, Telkom terus memperkuat ekosistem digitalnya melalui solusi AI yang mencakup analitik data, kecerdasan buatan, dan otomatisasi bisnis ujar EVP Digital Business & Technology Telkom Indonesia, Komang Budi Aryasa.
BigBox AI sendiri telah dilengkapi dengan berbagai kapabilitas unggulan. AI Analytics membantu bisnis memahami pola data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Smart Automation memungkinkan perusahaan mengurangi pekerjaan manual dan meningkatkan produktivitas. AI Chatbot menghadirkan layanan pelanggan yang lebih cerdas dan efisien. Fraud Detection membantu mendeteksi aktivitas mencurigakan dalam keamanan data dan transaksi.
“Analisis data dari BigBox AI juga menjadi solusi strategis bagi UMKM dalam mempertemukan supply dan demand antar kota sehingga bisa meningkatkan omset penjualan UMKM. Kami juga menghadirkan berbagai solusi AI lain seperti pergerakan penduduk (people movement) untuk perencanaan wilayah, eKYC untuk access atau autentikasi sebuah layanan, CCTV analytics untuk menghitung jumlah orang, kendaraan dan objek tertentu, serta layanan data security & privacy untuk memenuhi UU perlindungan data pribadi yang sudah berlaku sejak Oktober 2024, yang semuanya untuk memberikan manfaat AI perkembangan bisnis. Saat ini BigBox sudah memilki ratusan jumlah pelanggan dari bisnis B2B, yang terdiri dari kementrian dan lembaga, pemerintah daerah (PEMDA), perusahaan swasta dan UMKM. Dari sisi bisnis, BigBox telah mengalami pertumbuhan 400% dari dari 2018 hingga 20224. Untuk perluasan pasar maka mulai tahun ini kita akan mulai melayani market B2C atau penjualan ke pelanggan personal dengan layanan software as a services (SaaS) ” ujar CEO BigBox AI, Agus Laksono.
Dengan pemanfaatan AI dari BigBox, instansi pemerintah dan perusahaan telah banyak merasakan pengambilan keputusan dengan menggunakan data sehingga peningkatan efisiensi biaya dan efektivitas operasional (peningkatan pendapatan dan layanan) bisa dirasakan secara luas, diharapkan hal sama juga dirasakan untuk pelanggan personal.
Komitmen Telkom dalam mengakselerasi digitalisasi nasional melalui AI semakin nyata. Dengan berbagai solusi inovatif yang dihadirkan, Telkom tidak hanya mempercepat transformasi digital di Indonesia, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan. Temukan berbagai solusi BigBox AI untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mendukung strategi bisnis Anda di https://bigbox.ai/.
Artikel Terkait
BigBox AI dari Telkom, Solusi Keamanan Siber Tanpa Kompromi
2 bulan yang lalu
Antares Eazy: Solusi AI untuk Keamanan dan Efisiensi Kampus
2 bulan yang lalu
Peran Penting Data Center dalam Mendukung Keandalan Solusi AI
3 bulan yang lalu
BigSocial Solusi Terbaik Memahami Pelanggan Lewat Data Sosial Media
3 bulan yang lalu