Leap Logo

Tingkatkan keterampilan dengan Mudah bersama Pijar Mahir dari “Leap - Telkom Digital”

LP

Leap by Telkom

31 Mei 2022 10.02 WIB

portrait

Melalui platform Pijar Mahir, perusahaan telekomunikasi Telkom Indonesia menjembatani kesenjangan pendidikan di negara kepulauan ini.

Pijar Mahir adalah platform pembelajaran digital yang berfokus pada pelatihan kejuruan dan profesional. Melalui Pijar Mahir, pencari kerja, pencari sertifikasi, lembaga pelatihan, komunitas profesional, dan dunia industri dapat bertemu dalam satu platform.

Telkom Indonesia memahami bahwa 55 persen orang Indonesia tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja, seperti yang dilaporkan Bank Dunia. Jumlah tersebut meliputi 45 juta siswa SD hingga SMP, 7.5 juta mahasiswa, dan 190 juta usia produktif.

Ini bukan hal yang mudah. Sebagai negara kepulauan, Indonesia menghadapi berbagai permasalahan pendidikan, mulai dari kesenjangan kualitas di daerah terpencil dibandingkan kota-kota besar, hingga ketidakmampuan lulusan memenuhi tuntutan dunia kerja dan industri.

Pijar Mahir hadir dengan misi untuk menjadikan pembelajaran dan pelatihan lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua orang; menciptakan talenta-talenta Indonesia yang kompeten, inovatif, dan siap kerja.

Apalagi di tengah pesatnya perkembangan teknologi, di mana digitalisasi telah merambah do semua lini kehidupan, peningkatan kapasitas dan keahlian sesuai kebutuhan industri, dan perkembangan teknologi sangat diperlukan.

“Sebagai seseorang yang ingin memasuki dunia industri, kita harus meningkatkan keterampilan dan adaptif dengan kebutuhan bisnis,” ujar Direktur Bisnis Digital Telkom Fajrin Rasyid.

McKinsey Global Institute telah menyoroti peluang pasar kerja yang sangat besar di masa depan. Badan ini memperkirakan Indonesia akan membutuhkan 113 juta pekerja terampil pada tahun 2030 atau sekitar 3,7 juta per tahun.

Hingga saat ini, lebih dari 1,5 juta pengguna di seluruh Indonesia telah bergabung dan mendapatkan keterampilan dari Pijar Mahir. Penelitian pengguna dan industri yang konstan dan juga teknologi mutakhirnya telah memungkinkan Pijar Mahir memberikan akses pembelajaran kepada penggunanya dengan lebih mudah dan efektif.

Platform Digital untuk Pembelajaran dan Pelatihan

Pijar Mahir dirancang sebagai marketplace yang menampilkan ribuan materi pembelajaran menarik tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), teknologi, telekomunikasi, literasi digital, bisnis dan pemasaran, keuangan, bahasa, dan pengembangan diri.

Platform ini telah bekerja sama dengan lebih dari 50 lembaga pembelajaran dan pelatihan terbaik di tanah air. Dengan dukungan sertifikat pelatihan atau pembelajaran tentunya akan menjadi nilai tambah ketika pengguna Pijar Mahir melamar pekerjaan. Apalagi sejak tahun 2020, Pijar Mahir menjadi salah satu official digital platform partner program Kartu Prakerja (Kartu Prakerja) pemerintah Indonesia.

Pijar Mahir memiliki fitur yang lengkap. Hal ini memungkinkan orang untuk mengambil bagian dalam proses pembelajaran yang komprehensif, mulai dari pre-test, menonton video pembelajaran, mengakses e-book, mengikuti post-test, forum online, hingga konsultasi online dengan para ahli. Sistem manajemen pembelajaran Pijar Mahir memungkinkan setiap pengguna untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri dengan cara yang mudah, menyenangkan, dan efektif.

Semua materi pelatihan dapat diakses secara gratis, atau dibayar dengan harga terjangkau. Sistem telah menyediakan e-wallet atau virtual account dari bank-bank ternama di Indonesia untuk memudahkan proses pembayaran. Tidak hanya itu, semua materi pembelajaran dapat diakses selamanya. Sangat menggoda bukan?

Baru-baru ini, Pijar Mahir meluncurkan program beasiswa Pijar Camp. Mengusung tema Code Your Future, Pijar Camp bertujuan untuk menciptakan talenta digital yang siap kerja untuk mendukung percepatan digitalisasi di Indonesia. Indonesia membutuhkan setidaknya 600 ribu talenta digital dengan keterampilan menengah setiap tahun selama 15 tahun ke depan, menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pijar Camp diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengembangkan keterampilan generasi muda agar menjadi talenta digital yang kompeten dan berdaya saing tinggi di era society 5.0.

Peluncuran Pijar Camp diikuti 70 peserta secara offline dengan protokol kesehatan yang ketat di Hotel Sheraton Gandaria City dan diikuti lebih dari 500 peserta secara online.

Sebanyak 25 dari total 713 pendaftar beasiswa Pijar Camp telah terpilih untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya. Itu termasuk 10 orang yang akan mendapatkan beasiswa Pijar Camp masing-masing senilai 36 juta rupiah dalam bentuk Boot Camp untuk menjadi Full Stack Developer dan DevOps Engineers.

Pijar Mahir adalah salah satu dari lima sub-produk Pijar yang bermanfaat. Empat sub produk lainnya adalah Pijar Sekolah dan Pijar Belajar untuk siswa SD dan SMP, Pijar Kampus untuk perguruan tinggi, dan Pijar Corpu untuk profesional.

Berikut adalah cara mengikuti kursus di Pijar Mahir.

  1. Kunjungi laman www.pijarmahir.id
  2. Pilih kursus/pelatihan yang Anda butuhkan, lalu klik “Beli Sekarang”
  3. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan.
  4. Ikuti pelatihan Anda sampai selesai dan dapatkan manfaatnya.

Sangat mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi, daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mengikuti berbagai kursus di Pijar Mahir.

Anda juga bisa mengetahui informasi tentang Pijar Mahir melalui Instagram @pijarmahir.id, Twitter @pijarmahir, LinkedIn Pijar Mahir, Facebook Pijar Mahir, atau TikTok @pijarmahir.id.

Formulir Pertanyaan