Siapa Kami?

Inovasi dapat mengubah perilaku masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menciptakan kesejahteraan sosial yang lebih baik, dan menghadirkan peluang yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi.

Dengan demikian, sebagai yang terdepan dalam transformasi digital Telkom, Telkom Digital Business terus berkembang dengan misi menumbuhkan ekosistem digital di Indonesia melalui inovasi digital dengan membangun kapabilitas, serta berkolaborasi dengan pemerintah dan raksasa teknologi global.

Kami memiliki semangat yang sama untuk memberikan solusi inovatif yang telah menjadi tantangan kompleks bagi masyarakat untuk berakselerasi. DNA kami adalah menciptakan inovasi digital, memberikan solusi, dan membawa transformasi untuk mendorong ekonomi Indonesia dan mencapai kedaulatan digital.

Kami juga memiliki semangat yang sama untuk memberikan solusi inovatif untuk memecahkan tantangan sosial-ekonomi yang kompleks melalui inklusi digital untuk mempercepat realisasi kedaulatan digital nasional. Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terbesar di tanah air, Telkom menciptakan inovasi, solusi, dan transformasi digital untuk mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi di Indonesia.

Di Telkom Digital Business, semangat kami adalah untuk belajar, tumbuh, dan berkontribusi. Kami mendorong semua orang tanpa kecuali untuk menumbuhkan pola pikir, selalu merasa lapar akan pengetahuan, menggali kreativitas, dan tidak takut gagal. Kemudian yang paling penting, kami di sini ada untuk berkontribusi.

Kami menyebut talenta digital kami sebagai Digital Talents Star (DigiStar) yang memiliki kekuatan kolektif yang kuat, berasal dari berbagai latar belakang dan organisasi top dunia. Kami juga menjadikan mereka yang terbaik di bidangnya melalui ketangkasan dan berbagi pengetahuan di tempat kerja yang dinamis, serta serba cepat.

Mengapa Tim Kami Begitu Besar?

Tujuan utama kami adalah menciptakan transformasi digital untuk memberikan solusi bagi sektor-sektor kritis di Indonesia. Kami menyadari bahwa untuk mencapai misi ini, kami perlu menerapkan pendekatan interseksi dan multidisiplin mulai dari teknologi, sosial, ekonomi, ilmu alam, hingga bidang masing-masing lainnya untuk berkolaborasi dan memimpin ekosistem digital bersama di Indonesia.

Untuk mencapai misi ini dan memberikan dampak bagi jutaan orang, kami membangun ekosistem digital terkemuka yang menyediakan solusi inovatif untuk membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Salah satu strategi kami adalah bermitra dan berkolaborasi dengan banyak raksasa teknologi global—seperti Microsoft—untuk memperkuat kompetensi dan kemampuan kami dalam memberikan solusi digital. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan Program Pertukaran Karyawan untuk bekerja sementara di perusahaan teknologi yang diakui secara global untuk pembelajaran berkelanjutan dan berbagi pengetahuan untuk memberikan dampak yang lebih besar.

Itu selalu menjadi visi inti kami untuk membangun masyarakat dan ekonomi digital, dan oleh karena itu kami percaya bahwa sinergi skala besar, serta kolaborasi, adalah kunci ekosistem yang terintegrasi secara digital.

Apa yang sedang kami kerjakan?

Telkom Group berkomitmen untuk mempercepat digitalisasi di multisektor untuk membangun Digital Ekosistem Indonesia. Kami menciptakan dan akan memberikan dampak sosial-ekonomi melalui teknologi di sektor-sektor penting, yaitu Ekosistem Pertanian, Ekosistem Perdagangan, Ekosistem Big Data, Ekosistem Pendidikan, dan Ekosistem Logistik.

  • AGREE: Pasar Sektor Pertanian & Peternakan yang Terintegrasi

    Agree merupakan produk digital Telkom Indonesia yang menghubungkan seluruh pemangku kepentingan yang berperan di sektor Pertanian, Perikanan, dan Peternakan ke dalam ekosistem digital yang terintegrasi melalui platform digital. Agree hadir untuk memenuhi prospek dalam memaksimalkan potensi Pertanian di Indonesia dan menjawab kebutuhan setiap pemangku kepentingan.

    Dengan memberdayakan lebih dari 43 ribu petani lokal dan menginvestasikan lebih dari Rp 276 miliar, AGREE telah menjadi tulang punggung praktik pertanian Indonesia yang dapat memberdayakan petani dan bisnis untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam mendigitalkan pertanian dan untuk bisa bersaing di pasar yang lebih luas. Misi Agree adalah menghubungkan para pemangku kepentingan di bidang Pertanian & Perikanan untuk meningkatkan kualitas Ekosistem, meningkatkan kemampuan dan kompetensi seluruh pemangku lepentingan untuk memastikan keberlanjutan Ekosistem Pertanian & Perikanan, serta berinovasi untuk meningkatkan platform digital agar dapat memberikan kontribusi terbaik bagi Ekosistem Pertanian & Perikanan.

  • Padi UMKM: Ekosistem Niaga untuk Memberdayakan UMKM Indonesia

    PaDi UMKM merupakan marketplace terintegrasi bagi seluruh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memiliki akses laporan pendanaan komprehensif pemerintah kepada UMKM dan untuk dapat langsung menjual produknya kepada pemerintah melalui fitur yang user-friendly.

    Melalui kolaborasi dan koneksi langsung dengan pemerintah, UMKM akan memiliki akses dan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pembiayaan yang lebih baik dari entitas pemerintah atau perusahaan milik negara yang diakui. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 16.000 UMKM Indonesia yang berkontribusi pada pasar untuk meningkatkan transparansi dan tata kelola yang baik.

  • BigBox: Platform & Solusi Big Data untuk Membangun Organisasi Berbasis Data

    BigBox Data Platform menggabungkan teknologi Big Data terbaik untuk menghadirkan platform data perusahaan industri. Kami memberikan self-service analytics yang kuat, di mana perusahaan akan dengan mudah menghubungkan data dari berbagai sumber dalam berbagai format, melakukan pemodelan atau analisis, dan memvisualisasikan informasi atau wawasan yang dapat membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang tepat.

    BigBox terdaftar sebagai salah satu dari 10 penyedia solusi Big Data terbaik di Asia Pasifik oleh CIO Outlook edisi 2019. BigBox juga telah memberdayakan merek-merek besar dan penyedia layanan internasional dalam skala regional, termasuk bank, retailers, healthcare, energi, pendidikan, dan pemerintah. BigBox telah memanfaatkan Big Data dan meningkatkan akurasi data untuk memberdayakan bisnis, brand, maupun perseorangan. Hal tersebut dilakukan dengan menyediakan pelatihan ahli, layanan konsultasi, serta transformasi data dan analisis wawasan yang kompleks.

  • Pijar Mahir: Platform Indonesia Pertama yang Menawarkan Pelatihan Keterampilan Digital Tanpa Deposit dan Koneksi Pekerjaan yang Terjamin

    Pijar Mahir adalah platform pembelajaran digital terintegrasi yang menyediakan akses mudah bagi siswa, pencari kerja, dan profesional untuk meningkatkan keterampilan mereka. Pijar Mahir bertujuan untuk menghubungkan pelajar, lembaga pelatihan, dan portal pekerjaan melalui platform digital.

    Pijar Mahir juga mengikutsertakan masyarakat pedesaan yang ingin meningkatkan keterampilan dan kemampuannya untuk menembus pasar kerja. Harapannya, dengan Pijar Mahir ini, kita dapat bersama-sama mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui tenaga kerja yang siap. Pijar Mahir memberikan perjalanan pembelajaran yang komprehensif dengan lembaga pelatihan yang diakui secara nasional, mulai dari pre-test, video pendidikan, e-book, post-test, dan konsultasi online langsung dengan para pelatih.

  • LOGEE: Dari Logistik Tertutup Menjadi Platform Digital-Connection Ekosistem yang Sederhana

    Dari logistik tertutup hingga platform ekosistem, LOGEE berkomitmen untuk membantu setiap pemain logistik mengoptimalkan proses rantai pasokan mereka dan mengelola kapasitas bersama melalui platform yang netral, aman, dan cerdas.

    Sebagai Platform Digital Logistik Nasional, LOGEE memiliki tujuan utama yaitu menyederhanakan digital dan menghubungkan ekosistem, serta mengambil bagian dalam membangun logistik Indonesia yang lebih baik di era baru perdagangan.

  • Tomps: Solusi Manajemen Proyek

    Tomps adalah alat manajemen proyek berbasis web dan seluler untuk membantu meningkatkan visibilitas, kualitas, dan efektivitas manajemen proyek. Fitur cerdas kami membantu tim proyek untuk melakukan pengawasan online secara menyeluruh di mana saja dan kapan saja. Mulai dari Project Schedule & Task, Project Task Control & Monitoring, Project Cost Plan & Monitoring, Project Appraisal, Vendor Performance Report, Automatic Project Reports, hingga Gantt Chart & S-Curve.

    Kami memahami bahwa setiap proyek itu unik, serta gaya pemantauan proyek di seluruh kebutuhan bisnis akan berbeda. Sebagai alat manajemen proyek profesional, Tomps sangat terbuka dengan kebutuhan kustomisasi dan Integrasi API untuk memenuhi semua kebutuhan pemantauan proyek Anda.

  • OCA Indonesia: Penyedia Komunikasi Omni Indonesia untuk Meningkatkan Komunikasi Melalui Banyak Saluran dengan Tindakan yang Sederhana

    OCA Indonesia adalah communication platform as a service (CPaaS) bagi bisnis dan pelanggan untuk terhubung dan berkomunikasi di saluran apa pun seperti panggilan suara, SMS, email, WhatsApp, Facebook, chatbot, obrolan web, dan yang lainnya.

    OCA hadir untuk kamu yang ingin memiliki solusi lengkap untuk semua kebutuhan komunikasi dalam meningkatkan kesadaran, meningkatkan pengalaman pelanggan, manajemen pelanggan, serta membuat strategi dan konten yang menarik untuk bisnis. Platform OCA ini sangat mudah digunakan, tersedia sumber daya sederhana dan dukungan yang dipersonalisasi untukmu.

  • Smarteye: Penyedia Solusi Teknologi Immersive, Berfokus pada Pelatihan Virtual Next-Gen dan Virtual Marketing yang didukung Oleh Mesin Sendiri

    Smarteye memberikan solusi teknologi imersif yang berfokus pada pembuatan pelatihan virtual yang inovatif dan tindakan virtual marketing yang dilakukan melalui penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR).

    Smarteye.id menghubungkan inovasi bisnis dengan transformasi digital dengan membuat konten untuk VR dan AR, yang dapat digunakan untuk tujuan bisnis atau industri apa pun, dan untuk memberikan solusi bagi bisnis, khususnya di Indonesia.

    Produk utama Smarteye adalah VR Tour, termasuk VR Expo sebagai pameran virtual 3D dan interaktif, pelatihan VR, dan AR Interaktif; dirancang khusus untuk visualisasi produk. Klien kami bervariasi dari berbagai industri seperti manufaktur, minyak & gas, real estate, pendidikan, ritel, FnB, dan travel. Beberapa solusi yang kami berikan adalah mengelola pelatihan karyawan tanpa risiko dengan Virtual Training, pameran yang interaktif dan aman; dengan situasi COVID-19 saat ini, dengan Virtual Expo, dan juga kegiatan pemasaran interaktif untuk real estate dengan tur virtual 360°, dan pengetahuan yang menarik dengan AR Interaktif.

  • Sprinthink: Pendamping Inovasi Perusahaan

    Sprinthink merupakan bagian dari tim AMOEBA PT Telkom Indonesia, yang memberikan layanan sebagai Corporate Innovation Companion bagi perusahaan yang membutuhkan peningkatan kapabilitas inovasi baik bagi manajer inovasi maupun innovator (Intrapreneur). Kami telah berhasil mendampingi lebih dari 30 perusahaan dan melatih lebih dari 5000 inovator di seluruh perusahaan di Indonesia; dari perusahaan milik negara, swasta dan kantor-kantor pemerintah.

    Sprinthink didirikan pada tahun 2018 dan memiliki value melalui produk pada "Berbagi dan Menginspirasi”. Beberapa produk dari Sprinthing, yaitu Intrapreneur Class, Corporate Innovation Managed Service, Corporate Innovation Lab, dan Learning Experience. Dengan metode yang praktis dan terbukti, kami berjanji akan membantu Indonesia membuka potensi untuk menjadi mandiri serta berbagi kunci sukses menjadi perusahaan bertransformasi digital dengan pengalaman kami sendiri.

  • GameQoo: Cloud Gaming Pertama di Indonesia, Mainkan Ratusan Game dari Semua Perangkat

    Gameqoo dengan teknologi cloud gaming memungkinkan orang untuk melakukan streaming ratusan game dalam satu layanan di mana saja dan kapan saja. Sebagai cloud gaming dari Indonesia, GameQoo menyediakan ratusan game terupdate berkualitas dan berlisensi resmi, dari publisher ternama di dunia.

Posisi Apa Saja yang Tersedia?

  • Developer

    Developer berperan sebagai pemain kunci yang akan mengubah desain produk menjadi prototype dan memberikan solusi inovatif untuk produk digital Telkom, baik itu software, website, atau lainnya. Sederhananya, bisnis kami tidak akan pernah mengambang tanpa seorang Developer.

    • Back End Developer
    • Cloud Architect
    • Cloud Engineer
    • Database Administrator
    • DevSecOps Engineer
    • Front End Developer
    • Mobile Developer
    • Scrum Master
    • Software Architect
    • Software Documentation Engineer
  • Data Scientist

    Data Scientist adalah pendorong utama yang akan melakukan ekspedisi untuk menjelajahi pola data besar, merancang analisis diagnostik untuk fitur produk, dan memperkirakan metrik bisnis. Tidak hanya itu, Data Scientist juga akan menganalisis, mengolah, dan menginterpretasikan data untuk menemukan solusi produk yang akan mempengaruhi keputusan strategi bisnis Telkom. Dengan demikian, seorang Data Scientist akan menjadi tulang punggung perusahaan yang secara langsung akan memberikan dampak yang lebih luas kepada masyarakat.

    • Data Analyst
    • Data Scientist
    • Data Engineer
    • AI/Machine Learning
  • Product Management

    Manajemen Produk memainkan peran penting dalam merencanakan, menciptakan, mengembangkan, dan meningkatkan produk baru atau yang sudah ada di Telkom sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Oleh karena itu, Manajemen Produk yang paling dekat dengan pelanggan kami dan seseorang yang akan mengenal mereka seperti punggung tangan sendiri.

    • Product Manager
    • Product Owner
  • Designer

    Seorang Desainer bebas menjelajahi taman bermain sendiri untuk menata kembali bahasa visual Telkom melalui intuisi yang tajam, pemikiran kreatif, dan ide-ide liar. Desainer akan menggabungkan bakat artistik dengan keterampilan berbasis data dan berorientasi pada detail untuk menciptakan solusi menyenangkan yang akan disukai banyak orang.

    • UI Designer
    • UX Designer
    • UX Researcher
    • UX Writer
  • Digital Marketing

    Digital Marketing akan mengarungi kapal dan menjadi kompas Telkom yang memberikan arahan tentang pedoman brand, aktivasi media sosial, ide kampanye, serta perencanaan konten.

    • Digital Market Strategy & Performance

      Menciptakan konsep dan ide untuk rencana dan strategi pemasaran secara efektif untuk saluran online atau offline. Selain itu, juga akan menginisiasi brand dan market research serta membuat strategi pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning).

    • Digital Market Operations

      Membuat ide untuk strategi dan perencanaan konten, mulai dari copywriting, penulisan konten, dan pengoptimalan konten. Digital Market Operation juga merupakan pemerhati dan peneliti yang selalu mengikuti tren dan update terbaru untuk memaksimalkan konten.

    • Digital Market Communications

      Bertanggung jawab atas setiap aktivasi program, mulai dari acara online hingga offline dengan berkolaborasi dengan multi-stakeholder bila diperlukan untuk mengkomunikasikan pesan dan produk perusahaan secara efektif kepada target pasar kami.

Gabung Bersama Kami Sekarang!

Telkom mendapatkan penghargaan The Best Company to Work For in Asia 2021 dari HR Asia, serta peringkat #299 secara global oleh Forbes World's Best Employers 2021. Telkom juga mendapatkan penghargaan atas inisiatif strategisnya dalam mengembangkan employee engagement selama pandemi untuk meningkatkan produktivitas dan mengungguli 250 perusahaan dari Indonesia

Sebagai perusahaan milik negara, misi utama Telkom adalah membangun digital nation dengan menciptakan dampak positif yang tahan lama dan memperkuat kolaborasi multi-sektor serta lintas organisasi di seluruh Indonesia. Misi yang kuat ini telah menjadi pendorong utama kami untuk terus berkontribusi pada negara dengan mengeksplorasi kemungkinan dan kreativitas tanpa batas untuk membawa kebaikan yang lebih besar kepada publik.

Inovasi membentuk kehidupan kita sehari-hari dan telah menjadi taman bermain untuk bereksperimen dan berkembang—tidak ada hari yang monoton di kantor, karena kami menghadapi banyak tantangan yang memberi cukup kebebasan untuk berkreasi. Bagi kami, setiap hari adalah petualangan baru untuk mendefinisikan kembali masalah dan membayangkan kembali solusi sebagai juara inovasi digital.

Bergabunglah dengan kami sekaran dan bersama-sama mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta menjadi bagian dari pencarian solusi atas permasalahan sosial dan ekonomi di Indonesia!