Leap Logo

Pijar Mahir

Dalam laporan Bank Dunia, 55% orang Indonesia tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh pasar kerja. Eksekutif Forum Ekonomi Dunia memperkirakan bahwa pada tahun 2025, 40% dari keterampilan inti pekerja saat ini diperkirakan akan berubah dan 50% dari semua karyawan akan membutuhkan keterampilan ulang untuk mengikuti perkembangan zaman. Dengan 191 juta penduduk Indonesia usia kerja, 75% di antaranya adalah Gen Z dan milenial.

Pertanyaannya, apakah sistem pendidikan kita dapat dengan cepat mengejar ketertinggalan dalam menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk memenuhi kebutuhan industri yang terus berubah?

Ekosistem pendidikan Indonesia saat ini menghadapi situasi yang dinamis. Mengingat kepulauan yang luas dan keragaman, Indonesia menghadapi banyak masalah pendidikan, mulai dari disparitas kualitas pendidikan hingga ketidakmampuan lulusan untuk memenuhi tuntutan pekerjaan dan industri. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan solusi yang dapat menjembatani kesenjangan antara hasil pendidikan formal dan kebutuhan industri.

Kabar baiknya, Pijar Mahir hadir untuk menawarkan berbagai pembelajaran dan pelatihan langsung dari para ahli sehingga masyarakat Indonesia dapat memperoleh keterampilan yang dibutuhkan oleh industri. Pijar Mahir memudahkan masyarakat Indonesia usia kerja, lembaga pelatihan, dan profesional dari seluruh Indonesia untuk belajar dan berbagi tanpa bertemu secara fisik. Melalui platform pembelajaran digitalnya, Pijar Mahir telah menciptakan ekosistem pembelajaran yang nyaman yang dapat mengisi kesenjangan tersebut.

Pijar Mahir merupakan sub-produk dari Pijar, salah satu produk digital Telkom Indonesia dengan misi menjadikan pembelajaran lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua generasi dalam rangka melahirkan talenta-talenta Indonesia yang kompeten, inovatif, dan siap kerja. Pijar Mahir bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang diperlukan dan pelatihan bersertifikat bagi orang Indonesia untuk meningkatkan dan melatih kembali diri mereka sendiri.

Ada beberapa alasan mengapa lebih dari satu juta pengguna telah bergabung dan mendapatkan keterampilan dari Pijar Mahir. Dengan pendekatan baru dan teknologi mutakhir, fitur Pijar Mahir telah membuat pelatihan dan pembelajaran menjadi lebih mudah. Pijar Mahir dirancang sebagai pasar yang menampilkan ribuan materi pembelajaran yang menarik dalam berbagai kategori. Diantaranya UMKM, teknologi, telekomunikasi, digital, pemasaran, bahasa, dan pengembangan diri.

Sebagai hasil dari penelitian ekstensif tentang pendidikan dan implementasinya yang dilakukan oleh Pijar Mahir, pengguna tidak hanya menonton video tetapi juga secara aktif terlibat dalam perjalanan pembelajaran yang komprehensif. Dari pre-test, video pembelajaran, e-books, post-test, forum online, hingga konsultasi online dengan para ahli. Sistem Manajemen Pembelajaran Pijar Mahir pun memungkinkan setiap orang untuk belajar mandiri untuk mencapai keterampilan yang diinginkan.

Kemudian, untuk membuat pengalaman belajar lebih nyaman, semua materi pelatihan yang dibeli selalu dapat diakses tanpa tanggal kedaluwarsa. Mulai dari Rp75.000 atau bahkan gratis, pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan e-wallet atau virtual account dari bank-bank ternama di Indonesia. Tidak dapat disangkal bahwa mempelajari keterampilan baru tidak pernah semudah sekarang.

Perlu catatan resmi partisipasi pelatihan? Jangan khawatir! Sebagai official digital platform partner program Kartu Prakerja (Kartu Prakerja) pemerintah Indonesia, Pijar Mahir memiliki lebih dari 50 penyelenggara pembelajaran dan lembaga pelatihan yang diakui secara nasional yang memberikan sertifikat pembelajaran bahkan sertifikasi, yang tentunya akan menjadi nilai tambah ketika melamar pekerjaan.

The McKinsey Global Institute memperkirakan Indonesia akan membutuhkan 113 juta pekerja terampil, atau sekitar 3,7 juta pekerja terampil per tahun, untuk memenuhi permintaan industri pada tahun 2030. Jadi, jangan buang waktu lagi karena tahun 2030 sudah dekat, dan buat platform pembelajaran online Pijar Mahir yang mudah digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan karier Anda! 

Daftar sekarang di www.pijarmahir.id atau cari tahu lebih lanjut di Facebook Pijar Mahir, Twitter @pijarmahir, LinkedIn Pijar Mahir, Instagram @pijarmahir.id, atau TikTok @pijarmahir.id.

Testimonials

Formulir Pertanyaan